Efek Buruk Motor Jarang Dicuci, 5 Komponen Ini Rawan Rusak

Kompas.com - 18/08/2020, 13:22 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Ada yang beranggapan bahwa kebersihan kendaraan mencerminkan rasa sayang pemilik terhadap tunggangannya.

Sebagai bukti rasa cinta terhadap kuda besinya, kadang pemilik kendaraan rela mencuci motor lebih sering dibandingkan biasanya bahkan bisa sampai setiap hari.

Apalagi saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini, tentunya intensitas membersihkan sepeda motor akan lebih sering dibandingkan sebelumnya.

Melihat kondisi sepeda motor yang bersih memang menghadirkan kepuasan tersendiri bagi para pencinta kendaraan roda dua.

Selain itu, sepeda motor yang bersih ternyata memberikan banyak keuntungan salah satunya adalah komponennya akan lebih awet.

Baca juga: Usai Kena Air Hujan Motor Wajib Dicuci, Ini Alasannya

Sebaliknya, kendaraan yang jarang dicuci hingga kondisinya cukup kotor juga akan berdampak pada komponen hingga lebih cepat rusak.

Pengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020).KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Pengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020).

Joko Purnomo, pemilik bengkel sepeda motor Naranata, mengatakan, saat motor jarang dicuci bahkan setelah digunakan menerjang hujan akan menimbulkan efek buruk.

Efek buruk tersebut selain motor akan terlihat kotor, usia komponen pun akan lebih terbatas jika kotoran yang menempel tidak segera dibersihkan.

“Ada sejumlah komponen yang rawan rusak jika sepeda motor jarang dicuci,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (18/8/2020).

Berikut lima komponen yang rawan rusak jika motor jarang dicuci.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.