Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Jangan Duduk Menyamping Saat Boncengan di Motor

Kompas.com - 18/08/2020, 12:41 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi penumpang yang duduk menyamping, sangat berbahaya saat naik sepeda motor. Posisi ini membuat motor dan pembonceng tidak seimbang sehingga rawan kecelakaan.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, penumpang yang duduk menyamping membuat pengendalian jadi sulit karena tidak selaras dengan gerakan pengendara.

Baca juga: Berkendara Jarak Jauh Jangan Lupa Atur Tekanan Udara pada Ban

"Salah satu tugas penumpang ialah menyelaraskan gerakan tubuhnya dengan pengendara. Akan sulit jika penumpang menghadap samping, sebab itu direkomendasikan duduk menghadap depan," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.dok.Kompasiana Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.

Jusri mengatakan, dari kacamata ajaran keselamatan berkendara, posisi pembonceng memang sangat penting. Ada alasan mengapa dibuat aturan safety riding, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Nah, posisi berkendara itu termasuk boncenger. Duduk yang paling ideal menghadap ke depan. Selain itu juga penumpang harus membekap atau memeluk pengendara, seperti menyatu,” kata Jusri.

Baca juga: Mengenal Lapisan Anti-Karat di Kolong Mobil

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mengatakan, jika orang yang dibonceng menghadap ke kiri atau kanan, potensi penumpang terlontar lebih besar.

"Karena tidak ada keseimbangan, lain halnya dengan yang menghadap lurus ke depan. Jadi yang sewajarnya saja, karena semuanya itu sudah diperhitungkan, terutama untuk keselamatan dan kenyamanan," ujar Edo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com