Akibat Insiden Mengerikan di GP Austria, Vinales Kehilangan Momentum

Kompas.com - 17/08/2020, 11:01 WIB
|

SPIELBERG, KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales mensyukuri kecelakaan menyeramkan di laga MotoGP Austria 2020 tidak merenggut korban.

Hal ini berlaku bagi para pebalap yang secara langsung terlibat insiden, yakni Johann Zarco dan Franco Morbidelli, maupun dirinya dan Valentino Rossi yang nyaris terkena dampak serupa.

"Insiden kali ini sangat berbahaya dan mengerikan. Memang, dalam ajang MotoGP hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk terjadi. Tapi yang terpenting semua pebalap baik-baik saja dan kami harus bersyukur kepada "seseorang" yang sudah menyelamatkan semua," kata Vinales dilansir MotoGP.com, Minggu (16/8/2020).

Baca juga: Hasil MotoGP, Dovizioso Juara GP Austria 2020

Kecelakaan pada MotoGP Austria 2020 yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli di tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring.TWITTER.com/MOTOGP Kecelakaan pada MotoGP Austria 2020 yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli di tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring.

Sebagaimana diketahui, kecelakaan ini terjadi saat Morbidelli yang melebar dan menabrak roda belakang Zarco dengan kecepatan tinggi saat menuju tikungan ketiga pada lap-9.

Dampaknya tak hanya membuat kedua pebalap tersebut langsung tersungkur, motor Morbidelli dan Zarco yang terpental dalam kondisi ringsek pun hampir menghantam pebalap lainnya, terkhusus Rossi dan Vinales.

"Saya tidak tahu pasti saat berada di atas motor. Saya hanya mendengar suara motor jatuh dan tak lama berselang satu motor lagi (milik Zarco) datang secara melayang," ujar Vinales.

"Yang saya bisa lakukan adalah melindungi kepala, dan untungnya motor berada di atas (kepalanya). Tidak mengenai seorang pun," kata dia lagi.

Pihak Yamaha juga bersyukur Rossi dan Vinales tidak mengalami cedera serius setelah hampir tertimpa sepeda motor yang diperkirakan dalam kecepatan 300 kpj itu.

"Untungnya Maverick Vinales dan Valentino Rossi tidak terkena sepeda motor yang melayang," tulis pihak Yamaha Monster Energy melalui Twitter.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Austria, Quartararo Masih Teratas

Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Andalusia di Sirkuit JerezYamahamotogp Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez

Namun Vinales mengakui bahwa pasca-insiden membuat dirinya kurang optimal. Usai balapan dihentikan secara sementara guna membersihkan puing-puing kecelakaan dan sebagainya alias Red Flag, pebalap muda tersebut kehilangan momentum.

"Awalnya, saya berencana untuk bersabar dan menunggu hingga lap-15 untuk kemudian maju ke partai depan. Tapi usai dihentikan sementara karena insiden, saya pikir balapan saya sudah selesai (kehilangan momentum)," ujar Vinales.

"Tapi saya berusaha yang terbaik dengan mempertahankan posisi sembari perlahan menyalip pebalap satu-satu. Ya, saya sedikit kecewa karena kehilangan kesempatan untuk berada di depan. Tapi di satu sisi, saya sangat beruntung karena terhindar dari insiden mengerikan," tutupnya.

Finis di posisi ke-10 membuat Vinales harus turun ke peringkat tiga klasmen sementara dengan 48 poin. Sementara Andrea Dovizioso yang memenangi balapan di GP Austria 2020 menempati posisi kedua dengan 56 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MotoGP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.