Kompas.com - 17/08/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Aktivitas seperti bepergian mengendarai sepeda motor kembali marak dilakukan pada masa pandemi ini. Perjalanan pun dilakukan baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Ketika berencana untuk turing dengan motor, pastikan sudah menentukan jalan yang akan dilewati dan titik kumpul atau tempat beristirahat. Kemudian, turing tidak disarankan untuk dilakukan jika hari sudah gelap atau malam hari.

Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, Setyo Suyarko mengatakan, turing di malam hari sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik manusia, jalan yang akan dilewati, dan akses ketika dalam kondisi darurat.

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas, Eks Taksi Bisa Jadi Alternatif

Ilustrasi naik motor malam hariIDNtimes Ilustrasi naik motor malam hari

“Kalau malam kan seharusnya jam untuk tidur, jadi fokus ketika berkendara jadi tidak 100 persen,” kata Setyo kepada Kompas.com berapa waktu lalu.

Kemudian, jalan yang akan dilewati akan kurang terlihat dikarenakan kondisi penerangan yang kurang. Walaupun sudah menentukan jalan yang akan dilewati, tetap saja tidak bisa memprediksi kondisi jalannya nanti.

“Kedua yaitu kondisi jalan tidak dapat terlihat dengan jelas karena gelap. Lebih sulit untuk memprediksi kondisi bahaya yang ada di depan,” ucap Setyo.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Austria, Quartararo Masih Teratas

Terakhir yaitu jika terjadi kecelakaan, akan lebih sulit ditangani ketika malam hari. Belum tentu di daerah yang dilewati ada klinik yang buka 24 jam. Mencari bantuan untuk mengangkut korban juga belum tentu ada saat malam hari.

“Saat malam dan terjadi kecelakaan, mengurus korban akan lebih sulit karena sulit mencari pertolongan. Karena tidak semua klinik buka 24 jam dan kalau butuh bantuan kendaraan untuk mengangkut korban, akan sulit ditemui kendaraan yang lewat,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.