Sebut Insiden di GP Austria Mengerikan, Rossi Berhasil Finis ke-5

Kompas.com - 17/08/2020, 08:42 WIB
Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020 MotoGPInsiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020

SPIELBERG, KOMPAS.com - Valentino Rossi menyebut insiden pada MotoGP Austria 2020 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (16/8/2020) adalah mengerikan.

Pasalnya, pebalap veteran dari Monster Energy Yamaha tersebut nyaris tersambar motor Johann Zarco dan Franco Morbidelli jika ia tak langsung tanggap mengurangi kecepatan.

"Iya, insiden kali ini sangat sangat menyeramkan. Untungnya, baik saya dan Maverick Vinales bisa terhindar darinya. Kami harus berdoa dengan 'seseorang' malam ini," kata Rossi dilansir MotoGP.com, Minggu.

Baca juga: Insiden Mengerikan di GP Austria, Kepala Rossi Nyaris Tersambar Motor

"Saya sudah bicara dengan Zarco dan ia mengungkapkan bahwa seluruh insiden benar-benar murni kecelakaan karena rem yang melebar. Saya tidak bisa membayangkan bila terjadi benturan dengan motor di kecepatan 300 kpj seperti itu," lanjut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

The Doctor, julukannya, juga menyebut bahwa kondisi Zarco dan Morbidelli baik-baik saja. Tak ada cedera berarti, mereka masih bisa berlaga di seri MotoGP 2020 berikutnya.

"Tidak ada yang terluka pada insiden ini, itu yang terpenting. Jika terjadi hal buruk tentu keadaannya akan sangat berbeda," kata Rossi lagi.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Austria, Quartararo Masih Teratas

Kendati demikian, Rossi mampu menunjukkan mental juara dengan berhasil mempertahankan posisi ke-5 di GP Austria. Padahal saat istirahat usai Red Flight, The Doctor tampak gemetar.

Rossi unggul jauh atas Quartararo yang finis posisi delapan, sedangkan Vinales hanya mampu finis di posisi sepuluh. Hasil ini juga membuatnya naik ke posisi lima klasmen sementara dengan torehan 38 poin.

"Saya mendapatkan serangan yang begitu agresif dari Binder di Tikungan 9 sampai keluar dari trek. Meski kehilangan cukup banyak waktu, saya masih memiliki ritme yang baik dan bisa tiba di P5. Saya pikir kami (Yamaha) bisa melakukannya lebih baik tetapi bagaimanapun hari ini adalah balapan yang bagus," ujar Rossi lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MotoGP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.