Sensasi Type R di Tubuh Civic Hatchback RS

Kompas.com - 17/08/2020, 09:22 WIB
Honda Civic Hatchback RS KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda Civic Hatchback RS
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengikuti keinginan pasar, PT Honda Prospect Motor (HPM) merilis Civic Hatchback dengan emblem RS pada Februari 2020 lalu. Alhasil, kemasan Civic tanpa buntut itu pun makin terlihat agresif.

Tak hanya itu, kedatangan Civic Hatchback RS juga sekaligus menggantikan dua varian sebelumnya, yakni E dan S. Artinya, saat ini Honda hanya memasarkan satu varian dari Civic Hatchback saja.

Lalu apa saja yang membuat tongkorongan dari salah satu mobil legendaris Honda ini terlihat lebih sporty. Paling utama tentu dari adanya beberapa sentuhan baru di bagian eksterior yang diklaim mendongkrak aura agresif seperti Type R.

Baca juga: Honda Bicara Soal Nasib Civic di Tanah Air

Mulai dari penambahan aero kit pada bumper depan dan belakang, hingga side sill garnish di sektor samping. Ubahan ringan juga diberikan dengan mengkoreksi desain rumah lampu kabut yang sebelumnya tertutup motif sarang lebah, kini dibuat elegan dengan tampilan polos dan kelir hitam di pinggirannya.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Tak sampai disitu saja, masih ada under spoiler yang membuat sektor depan terlihat lebih tajam. Bahkan sebagai detail tambahan sisi aerodinamisnya, bagian spoiler juga dirancang seperti ada pemisah udara, dan terakhir embel RS juga di tempatkan sebagai indentitasnya.

Sistem penerangan pada Civic Hatchback RS sudah mengadopsi full LED lengkap bersama Daytime Running Light (DRL) di bagian depan. Sedangkan bada bagian belakang, terdapat LED Light Bars yang dibentuk dengan desain meruncing untuk menunjukkan sisi sporty-nya.

Melirik bagian samping, sudah pasti dari segi guratan desain dan siluetnya tak ada yang beda dengan karena masih satu desain. Namun untuk meningkatkan kesan sporty yang lebih matang, pelek berukran 17 inci sudah diganti dengan model baru yang dihiasi kelir dua warna alias two tone.

Sementara pada bagian bokong atau buritan belakang, dibuat lebih seksi dengan beberapa sentuhan baru. Mulai dari rear bumper diffuser sampai rancang ulang posisi twin pipe yang kini tak lagi berada di kedua sisi, melainkan ditempatkan di bagian tengah.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Bagi penggemar Civic, sudah pasti tahu bila konsepnya mengikuti kasta tertinggi, yakni Type R. Namun tentu ada perbedaannya, karena Civic Hatchback RS hanya memiliki dua lubang knalpot, sementara Type R ada tiga.

Meski dari segi performa masih jauh dibandingkan dengan Type R, namun setidaknya kehadiran Civic Hatchback RS bisa menjadi "obat penawar" bagi penggemar Civic yang dananya terbatas untuk meminang Type R.

Baca juga: Honda Siapkan Civic Generasi Baru, Bakal Punya Mesin Hybrid Lagi

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Sekadar informasi, Honda memasarkan Civic Hatchback RS dengan harga Rp 499 juta, sementara banderol untuk Type R sendiri mencapai Rp 1,067 miliar. Bisa dihitung sendiri berapa ratus juta selisihnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X