Rapor Suzuki di Semester I 2020, Ini Produk Terlarisnya

Kompas.com - 12/08/2020, 14:21 WIB
Logo Suzuki reutersLogo Suzuki

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil mempertahankan pangsa pasar kendaraan bermotor roda empat di Tanah Air, selama enam bulan pertama tahun ini, yaitu sebesar 11 persen.

Padahal, sebagaimana diketahui, industri otomotif nasional sedang mengalami pelemahan imbas pandemi virus corona hingga 46 persen dibandingkan tahun lalu.

Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel menjelaskan, capaian ini terjadi tak lepas dari peningkatan penjualan berbagai model kendaraan di masing-masing segmen.

Baca juga: Strategi Suzuki Hadapi Pandemi dan Potensi Resesi

Suzuki XL7dok. Suzuki Indonesia Suzuki XL7

"Terutama di medium SUV yang secara nasional meningkat jadi 16,2 persen dari 12,4 persen di periode Januari-Juni 2019. Di segmen itu, kita memiliki produk baru yakni XL7," katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Harold melanjutkan, berdasarkan catatan, penjualan XL7 cukup baik terutama di periode Juni 2020 yang mengalami peningkatan sampai 107,7 persen dari bulan sebelumnya.

Adapun kontribusi XL7 di segmennya ialah sekitar 7,8 persen, sementara pada penjualan total Suzuki sendiri sebesar 13,4 persen.

Baca juga: Suzuki Sebut XL7 Dongkrak Penjualan Segmen Low SUV

Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia

"Namun produk ini bukan satu-satunya pemain kunci yang membantu konsistensi market share Suzuki Indonesia di semester pertama tahun ini. Ada segmen lain yang ternyata market share-nya membaik," ucap Harold.

"Di antaranya Baleno di segmen hatchback, tidak terasa pangsa pasarnya sudah mencapai 20 persen. Kemudian Carry di segmen pikap telah mencapai 59,5 persen yang artinya merupakan sebuah keberhasilan untuk Suzuki," kata dia lagi.

Suzuki APV dalam beberapa bulan belakangan juga tak kalah penting untuk memberikan kontribusi signifikan terhadap total penjualan Suzuki Indonesia. Pasalnya, permintaan mobil tersebut untuk kebutuhan komersil mengalami peningkatan.

Baca juga: Suzuki Siapkan Beragam Promo di Pameran Otomotif Akhir Tahun

Fasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS.M Lulut Fasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS.

"Pada kuartal I/2020 kemarin penjualan APV mampu mencapai 1.399 unit. Ini dikarenakan mobil dipercaya menjadi ambulance oleh berbagai rumah sakit swasta di tengah pandemi," kata Harold.

Berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), total penjualan Suzuki dari pabrik ke diler atau wholesales periode Januari-Juni 2020 ialah 34.536 unit (11,9 persen).

Sementara penjualan dari diler ke konsumen alias retailsales-nya mencapai 28.786 unit (11 persen). Konsistensi penguasaan pasar tersebut membuat Suzuki menempati peringkat ke-4 sebagai merek dengan penjualan tertinggi di Indonesia setelah Toyota, Daihatsu, dan Honda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X