Nostalgia Deretan Motor Bebek 2-Tak Idola '90-an

Kompas.com - 12/08/2020, 13:21 WIB
Suzuki Satria 2-tak Andi Panser/Blue TechSuzuki Satria 2-tak

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada era 1990-an, sepeda motor bermesin 2-tak pernah mengalami masa kejayaannya. Karena punya tenaga yang mumpuni, motor jenis ini pernah menjadi idola anak muda pada masa itu.

Motor 2-tak yang menjadi idola anak muda tidak hanya yang berjenis sport, tetapi juga bebek. Untuk jenis yang terakhir ini, ada beberapa motor bebek 2-tak yang pernah menjadi tunggangan idaman anak baru gede (ABG) pada era '90-an.

Bebek 2-tak yang pernah menjadi idola biasanya adalah motor yang menjadi andalan di arena road race. Kira-kira apa saja? Berikut deretan yang sudah Kompas.com rangkum:

Baca juga: Strategi Suzuki Hadapi Pandemi dan Potensi Resesi

1. Suzuki Satria

Suzuki Satria 120 LSCM (Hiu) salah satu motor hasil restorasi Tian NKistimewa Suzuki Satria 120 LSCM (Hiu) salah satu motor hasil restorasi Tian NK

Suzuki Satria merupakan segelintir dari bebek bermesin tegak yang pernah eksis di Indonesia. Motor yang memiliki kubikasi 120cc ini pernah menjadi motor andalan di arena road race.

Namun, karena kapasitas silindernya nanggung, Satria 120 yang dipakai balap biasanya harus diturunkan cc-nya (bore down) menjadi 110cc atau dinaikkan (bore up) menjadi 125cc.

2. Yamaha F1ZR

Yamaha F1ZRAinto Harry Budiawan Yamaha F1ZR

F1ZR adalah bebek 2-tak yang pernah menjadi andalan kejuaraan nasional di balap underbone 110cc. F1ZR adalah generasi terakhir dari pendahulunya, Force 1 dan F1Z.

F1ZR dihentikan produksinya oleh Yamaha pada pertengahan era 2000-an. Sebab, berdasarkan regulasi emisi gas buang, karbon pada mesin 2-tak dianggap tidak memenuhi acuan EURO III.

3. Honda Nova Series

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X