Toyota Ungkap Alasan Fitur Corolla Cross Tak Selengkap di Thailand

Kompas.com - 10/08/2020, 08:02 WIB
Toyota Corolla Cross Kompas.com/DioToyota Corolla Cross

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Corolla Cross yang resmi dipasarkan pada 6 Agustus 2020 didatangkan secara utuh dari Thailand. Meski datang lewat skema completely built up (CBU), spesifikasi yang diusung SUV baru ini tidak sama persis dengan model yang dijual di sana.

Fitur Toyota Safety Sense (TSS) jadi yang absen untuk konsumen Indonesia. Padahal hal ini terdiri dari beberapa fitur keselamatan lengkap.

Mulai dari Pre Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, hingga Automatic High Beam.

Baca juga: Hasil MotoGP Ceko, Juara Baru Asal Afrika Selatan Brad Binder

 

Toyota Corolla CrossKompas.com/Dio Toyota Corolla Cross

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, ada sejumlah alasan mengapa fitur TSS tak disematkan pada Corolla Cross yang dijual untuk konsumen Indonesia.

Alasan pertama soal harga, agar bisa dibanderol di bawah Rp 500 jutaan, PT TAM harus berkompromi dengan fitur canggih tersebut

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, Corolla Cross di Indonesia dihargai Rp 457,8 juta (tipe Gasoline) dan Rp 497,8 juta (tipe Hybrid).

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP2020, Quartararo Masih Teratas, Binder Kelima

 

Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjirTAM Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjir

Lebih murah dibandingkan di Thailand yang dijual sekitar 989.000 baht atau sekitar Rp 458 jutaan (tipe 1.8 Sport AT) sampai 1.199.000 baht atau sekitar Rp 551 jutaan (tipe Hybrid Premium Safety).

Selain itu, terkait fitur yang canggih seperti TSS, Anton menambahkan bahwa pihaknya masih mempelajari seberapa penting penggunaannya di Tanah Air.

“Sejujurnya TSS masih kami studi. Kebutuhannya di Indonesia seperti apa?” ujar Anton, dalam konferensi virtual usai peluncuran (6/8/2020).

“Kami sudah bawa itu di Alphard dan Corolla sedan. Soalnya TSS itu canggih, tapi ada value-nya. Tapi belum pastikan value ini sudah dibutuhkan di Indonesia atau belum, itu yang kami masih studi di pasar,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.