Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Pakai Exhaust Wrap Bisa Tingkatkan Perfoma Motor?

Kompas.com - 08/08/2020, 16:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik motor custom menambah exhaust wrap dengan tujuan menambah nilai estetika. Namun, ternyata “perban” pembungkus knalpot ini bukan hanya memberikan nilai tambah, tetapi juga memiliki kekurangan.

Exhaust wrap yang memilik nama lain thermo cool ini memiliki fungsi dasar sebagai peredam panas yang dihasilkan knalpot. Perban ini terbuat dari bahan fiber glass yang mampu meredam panas dengan baik.

Deddy pemilik bengkel modifikasi Dj Custom, mengatakan bahwa exhaust wrap ini mampu meningkatkan perfoma pada motor, karena hawa panas tidak langsung menyebar keluar. Semakin panas suhu di knalpot, maka aliran gas buang semakin cepat.

Baca juga: Lakukan Langkah Ini Sebelum Ganti Knalpot Motor

Exhaust Wrap untuk knalpot motor.Stanly/Otomania Exhaust Wrap untuk knalpot motor.

“Tidak hanya itu, bisa juga untuk melindungi kabel-kabel agar tidak meleleh atau terbakar,” ujar Deddy saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Resmi Dibuka, Wuling Arista Cimahi Tawarkan Banyak Promo Menarik

Meski begitu, menurut Deddy, knalpot yang ditutup exhaust wrap tetap membutuhkan perawatan. Pasalnya, komponen ini bisa menjadi tempat mengendapnya kotoran, apalagi jika sering berkendara saat hujan turun. Hal ini dilakukan agar agar knalpot yang sudah menggunakan exhaust wrap tidak berkarat.

Knalpot stainless steel pun tetap akan bisa berkarat jika tidak dirawat. Kecuali, knalpotnya dari bahan aluminium. Atau bisa juga dengan melapisi knalpot dengan cat tahan panas sebelum menggunakan exhaust wrap,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com