Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2020, 13:59 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi sepeda motor bisa mencakup banyak hal. Salah satunya mengganti knalpot bawaan dengan produksi aftermarket yang biasanya punya suara lebih besar.

Namun kerap kali pemilik motor tidak memperhitungkan kinerja mesin, dan asal membeli knalpot racing di pasaran. Jika sudah seperti ini akan banyak merugikan pengguna motor nantinya.

“Sebelum membeli knalpot racing, baiknya kita mengetahui spesifikasi mesin kendaraan kita sendiri. Misal berapa cc mesinnya, ubahan yang sudah dilakukan seperti apa, karburator atau injeksi. Ini agar knalpot juga dapat bekerja dengan sempurna,” ujar Deddy pemilik bengkel modifikasi Dj Custom kepada Kompas.com.     

Baca juga: Resmi Dibuka, Wuling Arista Cimahi Tawarkan Banyak Promo Menarik              

Ragam knalpot racing untuk sepeda motorSetyo Adi/Otomania Ragam knalpot racing untuk sepeda motor

Menurut Deddy, knalpot aftermarket jika benar dipasangkan dapat meningkatkan tenaga mesin sekitar 20 persen hingga 30 persen. Knalpot yang baik adalah yang cocok dengan spesifikasi mesinnya.

Baca juga: Sambut Kemerdekaan, Suzuki Tebar Iming-iming Menarik          

Kerap kali pemilik memasangkan knalpot karena sekadar menyukai merek atau model yang ditawarkan. Padahal memilih knalpot adalah langkah terakhir setelah pemilik kendaraan melakukan settinggan mesin.

“Jadi bukan membeli knalpot dulu baru setting mesin sesuai knalpot. Paling tepat adalah setting mesin dahulu baru kemudian cari knalpot yang sesuai dengan settingan mesin. Knalpot selalu paling terakhir dan menyesuaikan settingan mesin,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com