5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kopling Mobil Bisa Awet

Kompas.com - 08/08/2020, 08:42 WIB
Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual. Youtube/MaxresdefaultPosisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap komponen mobil pasti memiliki usia pakai. Tinggal bagaimana dari cara pemakaiannya saja yang akan menentukan usia dari komponen tersebut.

Membuat komponen mobil lebih awet dan tidak cepat rusak, memberikan keuntungan sendiri. Pengeluaran untuk keperluan mobil jadi tidak terlalu besar.

Baca juga: Ketahui Gejala Kopling Mobil Minta Jajan

Tak terkecuali komponen kopling pada mobil dengan transmisi manual. Komponen ini termasuk yang paling penting dan sering digunakan. Lalu, bagaimana membuatnya agar lebih awet?

Ilustrasi berkendara.Thinkstock Ilustrasi berkendara.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, pertama, jangan menginjak atau menekan dengan kaki setengah pedal kopling, atau biasa disebut menggantung kopling. Khususnya, saat mobil berada di tanjakan.

"Kedua, melakukan penyetelan free play atau gerak bebas pedang kopling, agar kopling tidak mudah selip. Ketiga, menggunakan suku cadang asli yang sesuai standar," ujar Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pengguna Mobil Transmisi Manual Wajib Perhatikan Setelan Kopling

Nurrahman menambahkan, keempat, jangan malas untuk pergunakan rem tangan saat berhenti menanjak, ataupun pada saat berada di lampu merah.

"Sebagai tambahan, yang terakhir, hindari menempatkan kaki kiri pada pedal kopling saat kondisi jalan normal. Jadi ketika tak begitu dibutuhkan, turunkan kaki kiri dari pedal, dan letakkan di lantai mobil," kata Nurrahman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X