Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Lubang Kecil pada Knalpot

Kompas.com - 08/08/2020, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih sedikit pemilik motor yang tidak menyadari bahwa pada knalpot motor terdapat lubang kecil. Perlu diketahui, keberadaan lubang tersebut bukan karena cacat produksi ataupun mengalami kerusakan.

Melainkan memang didesain sedemikian rupa dan memiliki fungsi yang cukup penting. Lantas, apa sebenarnya kegunaan dari lubang kecil pada knalpot?

Lubang yang berukuran beberapa milimiter dan berada di sisi bawah knalpot tersebut memiliki fungsi yang cukup vital.

Kepala Bengkel Mekar Bintaro Adih mengatakan, keberadaan lubang kecil pada knalpot berfungsi sebagai sistem pembuangan air.

“Jadi saat knalpot kemasukan air, maka otomatis akan keluar melalui lubang kecil tersebut,” ujar Adih saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Quartararo Tercepat di FP2 MotoGP Ceko, Tim Satelit Mendominasi

Paking knalpot motor bocorfreecharz.blogspot.com Paking knalpot motor bocor

Maka dari itu, Adih menyampaikan, lubang kecil tersebut jangan sampai tersumbat atau bahkan sengaja ditutup. Sebab, kalau hal itu terjadi, maka air yang masuk ke knalpot akan tertahan di dalam.

“Dampaknya bisa saja membuat knalpot mudah keropos, karena air tidak bisa keluar melalui lubang kecil yang sudah ada tersebut,” ucapnya.

Baca juga: Jadi Bocenger yang Baik Agar Selamat di Perjalanan

Adih melanjutkan, jika air yang masuk ke knalpot cukup banyak, tidak hanya knalpot yang mengalami dampak buruk, tetapi air tersebut bisa saja masuk ke dalam mesin.

“Kalau air tidak banyak, bisa langsung keluar. Tetapi, kalau air yang masuk banyak, misalkan dikendarai saat menerjang genangan banjir, air bisa masuk ke bagian mesin sehingga bisa merusak,” katanya.

Oleh sebab itu, keberadaan lubang kecil itu tetap diperhatikan dan jangan sampai tersumbat atau tertutup. Hal ini untuk mengantisipasi adanya air dalam knalpot yang bisa membuat keropos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.