Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Komersial, Pindad Pasarkan Maung ke Instansi Pemerintahan

Kompas.com - 08/08/2020, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain untuk militer, PT Pindad (Persero) memang sudah berencana mengkomersialkan Maung menjadi beberapa varian. Namun, sebelum melangkah ke versi sipil alias komersial, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu akan memproduksi untuk instansi pemerintah non-militer.

Windhu Paramarta, Vice President Inovasi PT Pindad, mengatakan, setelah memenuhi permintaan untuk militer, pihaknya akan langsung mengarap Maung versi komersial untuk kebutuhan intansi-intansi pemerintahan.

"Jadi setelah versi militer, kami akan coba langsung untuk non-militer. Komersialnya di sini belum untuk sipil dulu, tapi ke instansi pemerintah karena sudah banyak juga yang menanyakan," ucap Windhu kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Baca juga: Simak Daftar Harga SUV Murah per Agustus 2020, Banderol XL-7 Naik

Menurut Windhu, ada beberapa instansi pemerintah daerah dan BUMN  yang mulai menanyakan apakah Maung bisa untuk dijadikan mobil dinas. Melihat peluang tersebut, maka arah pengembangan selanjutnya akan ke arah sana.

Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.

Pertimbangan tersebut juga tak lepas dikarenakan masalah pasarnya yang sudah jelas. Sementara untuk Maung versi sipil, tetap akan dilakukan hanya saja memang masih dalam proses diskusi dan sebagainya.

"Kami kan sudah masuk ke industrialisasi, di dalamnnya juga melibatkan industri otomotif yang ada, dari situ kami dapat inside memang untuk jadi kendaraan sipil prosesnya cukup panjang. Karena itu, akhirnya kami melihat pasar yang sudah ada dulu," ujar Windhu.

Baca juga: Maung Pindad untuk Sipil Dijual Lebih Murah dari Versi Militer

Sementara itu, Direktur Strategis PT Pindad Rizka Putranto, juga ikut menjelaskan bila Maung masuk ke jajaran instansi pemerintahan pasarnya memang sudah cukup luas.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Mengenal Kendaraan Taktis "Maung" Pindad

Mulai dari BUMN, tingkat Bupati, Wali Kota, Gubernur, sampai level-level seperti Kepala Dinas. Namun untuk saat ini memang keran pemesanannya belum dibuka.

"Kalau permintaannya memang belum kami buka karena kami juga sedang sizing. Hitungannya itu mudah, tinggal dilihat saja ada berapa kabupaten kota lalu dikali dua misalnya untuk gubernur dan wakilnya, sudah kelihatan angkanya," kata Rizka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com