Pengguna Mobil Transmisi Manual Wajib Perhatikan Setelan Kopling

Kompas.com - 20/05/2020, 12:22 WIB
Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual. Youtube/MaxresdefaultPosisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan pedal kopling pada mobil transmisi manual menjadi salah satu pembeda utama dengan mobil bertransmisi otomatis.

Sebagai komponen penting pada mobil yang digunakan saat perpindahan gigi transmisi, jarak main pedal kopling pun wajib diperhatikan.

Pasalnya, penyetelan kopling yang tidak benar akan berpengaruh pada kenyamanan dan juga keawetan dari kopling itu sendiri.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, setelan kopling pada mobil manual harus benar. Jangan sampai terlalu rapat atau pun sebaliknya jangan terlalu longgar.

Baca juga: 3 Komponen Mobil Transmisi Manual yang Rawan Rusak

“Setelan kopling harus tepat, jangan terlalu nyetut atau rapat dan juga jangan terlalu longgar. Karena ini juga akan berpengaruh pada komponen mobil,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Dia menjelaskan, jika kopling disetel terlalu rapat maka saat pedal diinjak sedikit kopling sudah bekerja. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya selip kopling.

Mesin bensin 2.0L (kiri) dan transmisi manual 6-percepatan (kanan) terbaru Toyota.DOK. TOYOTA Mesin bensin 2.0L (kiri) dan transmisi manual 6-percepatan (kanan) terbaru Toyota.

“Karena saat pedal dilepas tidak bisa terlalu bebas, sehingga terjadi selip seolah-olah terus menekan,” ucapnya.

Penyetelan yang terlalu rapat membuat tenaga kendaraan juga akan berkurang. Hal ini disebabkan karena selip kopling sehingga tenaga yang seharusnya disalurkan menjadi tidak sempurna.

“Jadi kalau terlalu rapat tenaga yang terilis tidak bisa 100 persen, karena terjadinya selip. Sebaliknya, jika setelan kopling terlalu longgar, saat pedal kopling diinjak belum terbebas secara 100 persen, mungkin hanya 70 persen sampai 80 persen,” ujar Suparna.

Baca juga: Kesalahan Fatal Pengguna Mobil Transmisi Matik yang Bikin Mesin Jebol

Efek dari penyetelan kopling yang terlalu longgar salah satunya, perpindahan gigi atau transmisi akan keras atau tidak bisa halus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X