Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2020, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viar terkenal sebagai merek yang sudah menjuial sepeda motor listrik dengan Viar Q1. Kini untuk memperluas pasar, Viar merilis dua model sepeda listrik bernama Akasha dan Uno.

Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia, mengatakan, Akasha dan Uno menyasar untuk pengguna lokasi perumahan, perkantoran atau armada pengiriman barang dan makanan.

“Kami berhasil memasarkan skuter listrik Viar Q1, maka kami dengan percaya diri kini turut menghadirkan sepeda listrik yang tentunya memiliki kualitas lebih baik dari sejenis," kata Frengky dalam keterangan resmi, Minggu (2/8/2020).

Baca juga: Regulasi Baru Soal Definisi Skuter dan Sepeda Listrik dari Pemerintah

Sepeda listrik Viar Akasha Foto: Istimewa Sepeda listrik Viar Akasha

Akasha dan Uno memakai basis serupa. Secara visual perbedaan keduanya yaitu soal bodi. Akasha masih memakai bodi, sedangkan Uno berdesain telanjang dan mempertontonkan rangkaian sasis.

Fitur keduanya dilengkapi lampu stop/belakang LED, keranjang depan untuk kompartemen tembahan, dan alarm. Sasis diklaim anti karat dan pada bagian kelistrikan, bagian soket anti air sehingga aman.

"Rangka diproduksi secara modern dari material premium dengan lapisan teknologi anti karat terbaik sehingga memiliki kekuatan dan tahan lama," kata Frengky.

Baca juga: Honda Kembangkan Motor Bebek Super Cub Versi Elektrik

Sepeda listrik Viar UnoFoto: Istimewa Sepeda listrik Viar Uno

Akasha menggunakan motor listrik jenis BLDC berdaya 500 watt dan baterai berkekuatan 48V20Ah. Sementara untuk tipe Uno menggunakan motor listrik jenis BLDC berdaya 350 watt dan menggunakan baterai 48V12Ah.

Guna mempermudah saat melakukan pengisian daya, desain baterainya model portabel sehingga memungkinkan pengisian daya secara langsung atau dilepaskan saat kesulitan mencari catu daya.

Hadir dalam dua pilihan warna merah dan hitam glossy. Viar Akasha dibanderol Rp 7 juta sedangkan untuk tipe Uno Rp 5,7 juta. Karena masuk ke dalam kategori sepeda keduanya tidak perlu surat legal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com