Fasilitas Colokan Listrik di Bus

Kompas.com - 29/07/2020, 19:11 WIB
colokan usb di bus Kompas.com/Fathan Radityasanicolokan usb di bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini, telepon genggam merupakan hal yang umum dimiliki oleh seseorang. Oleh karena itu, ketika bepergian jarak jauh menggunakan bus, mudah ditemui colokan listrik untuk mengisi daya telepon genggam.

Berbeda dengan zaman dahulu, bus hanya sebagai pengangkut penumpang, tidak memiliki banyak fasilitas. Jika ada colokan pun hanya ada di bagian depan dekat dengan pengemudi, bentuknya pun hanya terminal colokan biasa.

Sekarang, kelas pelayanan bus mulai dari VIP sudah menyediakan colokan listrik. Bentuknya juga sudah ada yang berupa colokan USB. Penempatannya pun beragam, ada yang di bagasi di atas kepala penumpang, di kursi, di louver AC, dan di bagian samping.

Baca juga: Mau Pakai Pelat Nomor Cantik? Catat Ini Biaya Resminya

colokan usb di busKompas.com/Fathan Radityasani colokan usb di bus

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, untuk colokan listrik yang ada di bagasi atas kabin penumpang, biasanya hanya sedikit jumlahnya, tidak memenuhi untuk semua penumpang.

“Ada beberapa titik saja yang di atas bagasi kabin bus, sekitar empat lokasi penempatannya,” ucap Werry kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Kemudian kalau yang ada untuk setiap penumpang, biasanya terletak di atas juga, dekat dengan louver AC. Bentuknya berupa lubang USB yang lebih memudahkan penumpang untuk mengisi daya telepon genggamnya.

Baca juga: Menang Dua Seri MotoGP, Yamaha Nyaris Habiskan Jatah Mesin

Sedangkan untuk yang di kursi, penempatannya beragam, tergantung dari pembuat kursi. Ada yang menempatkan di belakang kursi dan sebagian di sandaran tangan atau arm rest. Bentuknya juga ada yang berupa colokan biasa dan lubang USB.

“Bisa pasang di jok, dek samping, atau di atas kepala penumpang. Pemasangannya langsung terhubung dengan sistem kelistrikan bus dan menggunakan converter supaya lebih stabil dan aman dayanya,” kata Werry.

colokan usb di busKompas.com/Fathan Radityasani colokan usb di bus

Adanya fasilitas ini sangat memudahkan penumpang yang menggunakan HP nya untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun harus diperhatikan, colokan listrik atau lubang USB di bus hanya untuk mengecas HP, tidak disarankan mengisi daya power bank.

“Khawatir terlalu panas dan terbakar power bank nya kalau dicas. Karena pernah terjadi, bus terbakar karena mengecas power bank,” kata dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X