Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Ini PO Bus Social Distancing yang Sudah Beroperasi

Kompas.com - 24/07/2020, 14:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengikuti protokol kesehatan dengan saling jaga jarak membuat karoseri dengan perusahaa otobus (PO) mengeluarkan ide baru. Ide tersebut yaitu mengubah susunan kursi menjadi saling jaga jarak.

Kursi penumpang yang biasanya memiliki susunan 3 di kanan dan 2 di kiri (3-2) atau 2-2, sekarang membuat model baru yaitu 1-1-1. Konfigurasi seperti ini membuat ada jarak setiap penumpang walaupun kapasitasnya lebih sedikit.

Sampai saat ini sudah ada tiga (PO) yang menggunakan bus dengan prinsip social distancing ini. PO Sumber Alam dengan bodi Legacy SR2 HD Prime dari karoseri Laksana menjadi yang pertama mengeluarkan konsep ini.

Baca juga: Ini Jenis Pelanggaran yang Diincar Selama Operasi Patuh Jaya 2020

Interior bus social distancinginstagram/karoseritentrem Interior bus social distancing

Armada yang dimiliki PO Sumber Alam ini berisi 32 kursi yang bisa diatur kerebahannya, tersedia arm rest namun belum ada leg rest. Selain itu, bagasi di atas kepala ditiadakan dan ditambahi filter udara serta lampu ultraviolet.

Kemudian pada kaca samping disediakan jendel yang bisa dibuka dengan cara digeser. Walaupun sudah memakai air conditioner (AC), adanya jendela ini untuk mempercepat sirkulasi udara yang ada di kabin.

“Bus ini rencananya beroperasi mulai Agustus nanti, dengan trayek Jakarta – Yogyakarta,” kata Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sapa Rantis Maung Pindad Langsung ke Kandang

PO kedua yang menggunakan bus social distancing yaitu PO Mtrans dari Bali. Menggunakan bodi Avante H8 dari karoseri Tentrem di Malang. Bedanya dengan milik Sumber Alam, armada milik Mtrans memiliki kursi yang lebih mewah.

Mtrans sendiri menamakan kelasnya sebagai Sultan Class karena kursinya yang lebar dan nyaman. Selain lebih lebar, kursi ini sudah disediakan arm rest serta legrest. Kemudian disediakan juga lubang USB di setiap kursinya untuk mengisi daya telepon genggam.

Namun dari kursi yang lebih besar tersebut membuat kapasitasnya lebih sedikit, hanya 22 jok. PO Mtrans ini sudah mulai beroperasi sejak awal Juli dengan trayek Kediri – Denpasar.

PO selanjutnya yaitu Surya Putra sebagai armada pariwisatanya. PO pariwisata asal Bandung ini menggunakan bodi Jetbus 3+ dari karoseri Adi Putro. Ubahan yang sama yaitu dengan menggunakan kursi konfigurasi 1-1-1.

Kursi yang digunakan juga memiliki fitur arm rest dan di kabinnya ada ruang untuk merokok. Bus pariwisata ini bisa disewa dari Bandung, Jakarta, dan Cirebon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com