Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu yang Tepat Cuci Mobil Warna Hitam atau Gelap

Kompas.com - 29/07/2020, 17:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil warna gelap seperti hitam, biru atau hijau tua disukai karena punya kesan elegan. Kendati demikian pemilik mesti rajin merawat, sebab jika ada debu mudah sekali terlihat.

Samsudin, Aftersales Support dari Astra Peugeot Indonesia, mengatakan, salah satu cara merawat mobil berwarna gelap ialah dengan mencuci mobil pagi atau malam hari, jangan di siang hari.

Baca juga: DFSK Glory i-Auto Tidak Butuh Perawatan Khusus, Ini Detail Biaya Servisnya

“Waktu ideal adalah saat pagi atau malam hari. Karena ketika masih ada tetesan air dipermukaan bodi lalu menguap kena panas matahari. Biasanya mobil berwarna gelap mudah mengekspos jamur semacam noda putih,” katanya dalam rilis resmi, Rabu (29/7/2020).

Cuci mobil hidrolikFoto: OLX Cuci mobil hidrolik

Ketika kendaraan dicuci harus segera dilap sampai kering. Agar tidak baret (karena baret sangat terlihat di mobil gelap) gunakan lap microfiber dan lakukan proses mengelap dengan gerakan searah.

Jika cat mobil sudah terlanjur kusam. Samsudin mengatakan bisa melakukan perawatan car detailing yang spesial khusus untuk mengangkat warna mulai pudar.

Baca juga: Cara Simpan Motor di Rumah, Tapi Terhindar dari Ban Kempis

Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari produk ‘car detailing’ khusus untuk warna gelap yang punya formulasi untuk mengangkat kembali kualitas warna aslinya.

“Pastikan formulasi tersebut bersahabat dengan komponen aksesori lain, terutama berbahan plastik berwarna hitam yang menempel pada bodi, seperti karet wiper, karet kaca, lis bodi dan bumper,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com