Pasang Boks Samping di Sepeda Motor, Jangan Sampai Salah!

Kompas.com - 29/07/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit bikers yang menambah aksesori berupa boks tambahan pada motor. Jenisnya pun beragam, ada jenis top box (boks belakang atau atas), atau jenis side box, yang diposisikan di dua sisi samping kanan dan kiri belakang sepeda motor.

Untuk model side box biasanya digunakan sebagai perlengkapan touring dan jarang digunakan harian, karena sulit bila dipakai di kondisi jalan yang macet.

Bila berniat memasang boks samping, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, harus melakukan proses adaptasi terlebih dahulu.

Ini dimaksudkan agar terbiasa dengan tambahan koper di samping kanan kiri, terlebih lagi ketika melakukan manuver.

Baca juga: Ini Kebocoran Ban Mobil yang Tidak Bisa Ditambal Lagi

Box samping NMAX dan PCXStanly/Otomania Box samping NMAX dan PCX

Adaptasi juga membuat pengendara bisa membedakan saat menggunakan boks atau tidak.

“Sebenarnya tidak sulit, hanya saja membutuhkan adaptasi agak lama agar saat digunakan turing sudah terbiasa,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Benarkah Pembonceng Lebih Berisiko Saat Kecelakaan Motor?

Hampir semua model boks samping menggunakan sistem knock-down (bongkar pasang). Pasalnya jenis ini terlalu merepotkan jika harus digunakan pada kondisi lalu lintas biasa. Biasanya menggunakan bracket Sb 2000 atau Sb 1000.

“Karena hanya digunakan pada saat tertentu, model ini memakai sistem bongkar pasang. Sehingga mudah jika harus dipasang dan bila akan dicopot dan bodi motor,” kata Ribut.

Selain itu, menurut Ribut, hal yang harus diperhatikan adalah total panjang boks samping saat terpasang melebihi panjang setang motor.

"Agar saat akan menyalip diantara dua kendaraan, ukuran setang sudah mewakili boks yang berada di belakang, sehingga tidak akan tersangkut," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.