Selama Operasi Patuh 2020, Pengendara Tanpa Masker Bakal Ditilang?

Kompas.com - 23/07/2020, 08:12 WIB
Kaget Dikira Kena Tilang, Warga dan Pengendara Senang dapat Bantuan Masker Gratis dari Polisi KOMPAS.COM/JUNAEDIKaget Dikira Kena Tilang, Warga dan Pengendara Senang dapat Bantuan Masker Gratis dari Polisi
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Razia kendaraan dengan tema Operasi Patuh akan digelar oleh kepolisian di seluruh Indonesia, mulai Kamis 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Operasi kendaraan yang diadakan di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini juga akan menyoroti aktivitas masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, terutama penggunaan masker.

Mengingat masker menjadi salah satu hal yang disarankan saat Adaptasi Kebiasaan Baru ( AKB) Covid-19 ini.

Lalu, apakah pengendara yang tidak mengenakan masker akan tetap ditindak atau ditilang? Menanggapi hal tersebut, Dirlantas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Pol Arman Achdiat menegaskan  jajarannya tidak akan menindak pengendara tanpa masker.

Baca juga: Begini Cara Benar Memindahkan Persneling Mobil Transmisi Manual

“Penindakan itu hanya dilakukan terhadap pengendara yang melanggar dan bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Kalau tidak menggunakan masker itu hanya sekadar imbauan saja,” kata Arman kepada Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Petugas satuan polisi pamong praja menghentikan pengendara motor yang tidak menggunakan masker saat patroli penegakan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jl. Matraman Raya, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/5/2020). Dalam kegiatan patroli PSBB tersebut, target penegakan untuk masyarakat yang tidak mengunakan masker dijalanan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas satuan polisi pamong praja menghentikan pengendara motor yang tidak menggunakan masker saat patroli penegakan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jl. Matraman Raya, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/5/2020). Dalam kegiatan patroli PSBB tersebut, target penegakan untuk masyarakat yang tidak mengunakan masker dijalanan.

Alasannya yaitu, karena terkait penggunaan masker bukanlah termasuk dalam jenis pelanggaran lalu lintas. Melainkan hanya pelanggaran terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Dengan begitu, maka kepolisian yang melakukan razia kendaraan dan mendapati pengendara tanpa masker tidak akan menilangnya.

“Kami hanya mengimbau agar pengendara mengenakan masker, kalau tidak ya tidak ada penindakan (tilang) karena itu bukan pelanggaran lalu lintas. Kalau tidak bawa ya kami sediakan,” ujarnya.

Terkait dengan adanya informasi mengenai adanya razia masker dan akan dilakukan penindakan, Arman memastikan bahwa informasi tersebut tidaklah benar.

Baca juga: Mobil Diesel Tak Boleh Ganti-ganti Jenis Solar, Mitos atau Fakta?

Pihaknya tidak pernah menyampaikan informasi mengenai adanya penindakan tersebut, dan dipastikan hanya informasi tidak benar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X