Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Posisi Gigi Mobil Transmisi Matik Saat di Jalan Menanjak

Kompas.com - 22/07/2020, 16:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik lebih mudah dioperasikan ketimbang manual. Meski demikian tetap harus ada perhatiannya. Terutama saat melewati jalan menanjak.

Pasalnya masih banyak pengguna mobil matik yang enggan memindahkan posisi gigi dari ‘D’ saat melaju di berbagai kondisi jalan.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, tidak memindahkan posisi gigi terutama saat tanjakan bisa membuat mobil tidak kuat nanjak.

Baca juga: Tips Bagi yang Mau Belajar Naik Motor Kopling

“Saat melewati tanjakan curam jangan biarkan tuas transmisi di posisi ‘D’ pindahkan ke posisi L atau D1," kata Hermas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

Dengan memindahkan posisi gigi membuat mobil lebih kuat menanjak.

“Karena perpindahan gigi yang dilakukan secara otomatis malah melemahkan kemampuan menanjaknya. Padahal mobil matik bisa dengan mudah melewati tanjakan curam,” katanya.

Hermas menjelaskan, kenapa sebaiknya pindah gigi sebab saat tuas transmisi berada di posisi ‘D’, perpindahan gigi akan dilakukan secara otomatis saat putaran mesin telah mencapai torsi optimal dan siap untuk pindah ke rasio gigi yang lebih berat atau tinggi.

Baca juga: Panaskan Motor Sambil Geber Gas, Masih Zaman?

Adapun saat menanjak, kecenderungan pengemudi akan menekan pedal gas lebih dalam. Putaran mesin yang tinggi ini malah terbaca oleh modul transmisi, bahwa torsi telah optimal untuk melakukan perpindahan gigi.

Padahal dalam kondisi tanjakan curam atau tanjakan panjang, putaran mesin memang akan meninggi, namun rasio gigi harus yang lebih rendah agar torsi lebih mudah didapat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com