Kompas.com - 22/07/2020, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun ukurannya kecil, tapi busi pada kendaraan bermotor memiliki fungsi yang vital. Tak banyak yang paham pada komponen ini terdapat banyak fitur yang disematkan khusus untuk kebutuhan masing-masing kendaraan.

Jadi, sebenarnya anggapan bahwa semua busi sama saja itu perlu diluruskan. Contohnya, pada busi NGK Iridium IX BR9ECMIX & BR8ECM. Pada kedua busi tersebut, bagian elektroda ground-nya terlihat berbeda dari busi pada umumnya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Pasang Busi Mobil, Ini Akibatnya

Yaumil Ichsan, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, menjelaskan, apabila biasanya elektroda ground berbentuk ‘J’, maka di busi ini tingkat sudut kemiringan elektroda ground-nya jauh lebih menunduk. Bahkan, apabila diamati dari samping, elektroda pusatnya menjadi hampir tidak terlihat.

Elektroda tiarap pada busiIstimewa Elektroda tiarap pada busi

“Penggunaan desain ‘tiarap’ tersebut tidak lepas dari peruntukan kendaraan busi ini, yaitu mesin motor 2-tak dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail,” kata Ichsan.

Ichsan menambahkan, sifat mesin 2-tak cenderung lebih panas. Hal tersebut diakibatkan oleh siklus pembakaran campuran oli samping, bensin, dan udara yang menyisakan deposit karbon di ruang bakar. Kombinasi itu semua membuat temperatur busi menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Ini Gejala Kalau Busi Sudah Waktunya Diganti

"Maka itu, diperlukan desain busi khusus seperti elektroda ground tiarap untuk mendinginkan busi agar tidak mudah meleleh,” ujar Ichsan.

Menurut Ichsan, dengan semakin pendek dimensi elektroda ground busi, maka akan semakin tinggi pula ketahanan busi tersebut pada saat memperoleh getaran dan guncangan yang cukup hebat.

"Contohnya, saat kendaraan tersebut digunakan di kondisi ekstrem, seperti sirkuit balap maupun motocross. Sehingga, resiko elektroda busi patah bisa diminimalisir," kata Ichsan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.