Tips Modifikasi Ninja ZX-25R untuk Track Day dari Pebalap

Kompas.com - 16/07/2020, 10:42 WIB
Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder Kompas.com/DonnyKawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali fitur-fitur yang sangat menunjang performanya, tidak hanya untuk dipakai di jalan raya, tapi juga di sirkuit. Motor sport ini bisa menjadi alat pelampiasan hobi para pencinta kecepatan.

Mesin 250 cc 4-silinder yang digunakan mampu menghasilkan tenaga hingga 50,3 tk. Dengan tenaga yang besar, Kawasaki mengimbanginya dengan teknologi traction control, power mode, quick shifter, dan lainnya.

Baca juga: Setelah Ninja ZX-25R, Muncul Isu Z250 4-Silinder

Namun, motor dengan kondisi standar yang ingin digunakan untuk track day, sejatinya harus dilakukan beberapa penyesuaian. Penyesuaian ini bisa bertujuan untuk menambah kenyamanan, keamanan, atau perfoma.

Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinderKompas.com/Donny Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder

Andy Muhammad Fadly, pebalap muda dari tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing, mengatakan, tidak banyak penyesuaian yang perlu dilakukan jika Ninja ZX-25R ingin digunakan untuk track day.

Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinderKompas.com/Donny Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder

"Bagian yang pertama kali perlu diganti adalah ban. Saya sempat coba yang masih standar. Dengan ban itu, motor masih bisa dikendarai sampai limitnya," ujar AM Fadly, kepada Kompas.com, di Sentul, Bogor, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: Rela Antre dari Pagi, Ninja ZX-25R Dijual Lagi Rp 135 Juta

Ban standar yang menempel pada kaki-kaki Ninja ZX-25R adalah Dunlop GPR300 tipe radial. Untuk ukurannya, sebenarnya sudah cukup lebar, ban depan 110/70-17 dan ban belakang 150/60-17.

"Selain itu, bagian knalpotnya juga. Lebih bagus lagi kalau diganti dengan knalpot racing," kata pebalap yang tahun lalu meraih gelar juara Asia Production 250 (AP250) di Asia Road Racing Championship 2019.

Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinderKompas.com/Donny Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder

Menurut AM Fadly, handling motor sport full fairing tersebut sangat mudah dikendalikan. Begitu pula dengan suspensinya, baik depan atau belakang.

"Bagian setang sudah tidak perlu diganti. Menurut saya, setang standarnya sudah pas sekali balance-nya," ujar AM Fadly.

Ninja ZX-25R tipe Special Edition (SE) dibanderol Rp 112,9 juta (OTR Jakarta). Sedangkan tipe Standard, harganya Rp 96 juta (OTR Jakarta).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X