Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ninja ZX-25R Meluncur di Thailand, Harga Lebih Mahal tapi Tenaga Minim

Kompas.com - 16/07/2020, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Ninja ZX-25R tak hanya meluncur di Indonesia, tapi juga di Thailand, tepatnya di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020. Dari segi tampilan dan fitur, antara keduanya tidak ada perbedaan. Tapi, ada sedikit pembeda di bagian mesin.

Motor sport 250 cc 4-silinder yang hadir di Thailand tersebut bukanlah hasil ekspor dari Indonesia. Sebab, Ninja ZX-25R yang ada dipasarkan di sini dibuat khusus untuk Indonesia.

Baca juga: Ninja ZX-25R Berbaju Karbon Masih Sekadar Prototipe

Sucipto Wijono, Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, motor yang diproduksi di Indonesia hanya untuk pasar lokal.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

"Indonesia yang pertama. Produksi ada juga di Thailand. Jepang nanti ngambil dari Thailand. Kita belum ekspor. Kita penuhi dulu kebutuhan pasar kita," kata Cipto, kepada Kompas.com, Rabu (15/7/2020).

Dikutip dari kojintekibikematome.blog.jp, Jepang akan mengimpor Ninja ZX-25R dari Thailand. Kedua negara tersebut punya standar regulasi emisi yang sama, yakni Euro 5. Sedangkan di Indonesia, masih Euro 4.

Baca juga: Kawasaki ZX-25R Made in Indonesia Belum Buat Ekspor

Perbedaan standar emisi tersebut berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan. Ninja ZX-25R yang ada di Indonesia dapat menghasilkan tenaga sebesar 49,3 tk pada 15.500 rpm dan torsi 22,9 Nm pada 14.500 rpm.

Sedangkan Ninja ZX-25R buatan Thailand, tenaganya hanya 44,3 tk pada 15.500 rpm dan torsi 21 Nm pada 13.000 rpm. Lalu, bobotnya juga berbeda, selisih 2 kg lebih berat buatan Thailand.

Kawasaki Ninja ZX-25RKOMPAS.com/Gilang Kawasaki Ninja ZX-25R

Di Indonesia, ZX-25R tipe Special Edition (SE) dibanderol Rp 112,9 juta (OTR Jakarta). Sementara di Thailand dan Jepang, harganya mencapai Rp 124 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com