Jangan Sampai Putus di Jalan, Begini Cara Merawat V-Belt Skutik

Kompas.com - 14/07/2020, 18:21 WIB
v-belt sepeda motor skutik Istimewav-belt sepeda motor skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan sepeda motor yang mengoprasikan transmisi secara manual, skuter matik atau skutik tidak memiliki rantai sepeda motor.

Oleh sebab itu, penggunaan V-belt sangat dibutuhkan sebagai pengganti rantai, mentransfer tenaga dari mesin ke roda ke belakang.

Meski demikain, V-belt yang terbuat dari karet pun bisa putus seperti rantai. Jika V-belt putus di jalan, maka motor akan mogok.

Baca juga: Cara Merawat Interior Panel Kayu Agar Tetap Mewah

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, kasus putusnya V-belt sangat jarang terjadi. Kendati demikian, kasus V-belt putus itu tidak sedikit dialami oleh pemilik kendaraan yang acuh akan servis kendaraannya.

V-Belt motor matikFoto: Honda DAM V-Belt motor matik

“V-belt itu standarnya bisa sampai 24.000 kilometer atau dua tahun, tapi tergantung dari cara pemakaiannya juga,” ujar Ribut kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

Baca juga: Boleh atau Tidak Simpan Ponsel dan Powerbank di Bagasi Motor?

Ribut melanjutkan, agar V-belt tidak putus di jalan, ada baiknya pemilik kendaraan rutin melakukan pengecekan setiap 8.000 kilometer atau minimum delapan bulan sekali.

“Kalau rajin servis dan ganti V-belt harganya bisa Rp 200.000 hingga Rp 250.000. Tetapi kalo sampai jebol dan rusak itu harus bongkar mesin dan harganya cukup mahal sekitar Rp 1 jutaan,” katanya.

Selain itu, jangan samakan V-belt dengan rantai, sebab V-belt tidak perlu disemprot atau terkena air bahkan oli. Agar tetap lancar, sebaiknya rumah V-belt dibongkar dan disemprot dengan angin.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X