Pindad Berencana Bikin Mesin Sendiri Ketimbang Comot Merek Lain

Kompas.com - 15/07/2020, 07:22 WIB
Pindad Maung 4x4 Dok. PindadPindad Maung 4x4
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski saat ini masih menggunakan mesin dan sasis milik Toyota Hilux, namun PT Pindad (Persero) berniat akan menggarap kendaraan taktis (Rantis) bernama Maung tersebut dengan komponen bikinan sendiri.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, dirinya sudah mendapatkan sinyal agar ke depan tak lagi memproduksi kendaraan militer atau sejenisnya dengan mencomot mesin atau komponen dari pabrikan lain.

"Kemarin pak Prabowo juga sudah sempat bicara, seharusnya sudah waktunya kami (Pindad) memproduksi mesin sendiri, jangan kalah dengan pabrikan lain. Intinya beliau berpesan harus bisa produksi sendiri," ucap Abraham kepada Kompas.com Selasa (14/7/2020).

Baca juga: Pindad Maung Pakai Mesin dan Sasis Hilux, Begini Respon Toyota

Abraham menjelaskan, hal tersebut memang sudah sempat dipikirkan sejak lama, namun memang dalam praktiknya tidak mudah. Ada banyak sekali kendala-kendala yang dihadapi.

Prabowo test drive Rantis Maung garapan PindadDok. Pindad Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad

Namun demikian, bukan berarti tidak bisa. Menurut Abraham, secara kemampuan dan sumber daya manusia (SDM), Indonesia sudah punya pontensi untuk memproduksi mesin sendiri, dan harusnya kondisi ini akan menciptakan banyak keuntungan serta lapangan kerja juga.

Karena itu, bila memang nantinya peminat terhadap produk-produk Pindan makin besar, Abraham menjelasakan bukan hal yang mustahil ke depannya Pindad akan membangun pabrik mesin sendiri.

"Pastinya rencana sudah ada, kita juga berharap produk kami bisa diterima banyak market juga, tidak hanya sebatas kalangan militer saja. Jadi kita lihat perkembangannya akan seperti apa," kata Abraham.

Sebelumnya, Abraham mengakui bila masalah mesin memang menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi Pindad. Karena itu dia berharap mendapat nantinya Pindad bisa mengembangkan dan memproduksi sendiri spesifikasi mesin yang dibutuhkan.

Baca juga: Maung Pindad Sudah Dilirik Negara Lain

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjajal rantis Maung buatan PT Pindad, Minggu (12/7/2020).Twitter @prabowo Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjajal rantis Maung buatan PT Pindad, Minggu (12/7/2020).

"Nantinya semua kita kembangkan sendiri, di luar dari mesin yang masih pakai Toyota. Sasis sekarang kita pakai Hilux, namun kita rombak lagi, nanti juga kita akan buat sendiri," ucap Abraham.

"Jadi PR (pekerjaan rumah) selanjutnya tinggal masalah mesin saja, karena kami ingin nantinya mesin dibuat lokal, tidak beli lagi," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X