Begini Cara Menghilangkan Bakteri di Kabin Mobil

Kompas.com - 13/07/2020, 13:22 WIB
Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil istIlustrasi Membersihkan Interior Mobil
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Interior mobil menjadi salah satu tempat berkembangnga bakteri bahkan virus. Terlebih, jika kondisi di dalam mobil lembab maka potensi adanya bakteri juga lebih besar.

Untuk itu, perlu menjaga kondisi udara kabin agar selalu terjaga kelembabannya. Apalagi tidak begitu sulit, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Salah satu dokter umum di Solo Sumartono Kardjo mengatakan, jika kondisi di dalam kabin mobil lembab otomatis akan ada bakteri yang bersarang.

Baca juga: Tips Merawat Interior Mobil Agar Terhindar dari Covid-19

Untuk itu, Sumartono pun memberikan tips untuk menjaga kondisi kabin mobil agar tidak lembab dan lebih sehat.

Salah satu cara yang biasa dilakukan, yaitu dengan menjemur mobil dalam durasi tertentu. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengurangi kelembaban dan agar udara bersirkulasi dengan baik.

“Saya kadang menjemur mobil dalam keadaan semua jendela terbuka, ini untuk mengurangi kelembaban dan udaranya bisa berganti. Setidaknya bakteri bisa mati, meski untuk virus belum tentu,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dokter yang pernah menjabat sebagai Direktur RSUD Ngipang, Solo itu menambahkan, dengan menjaga kelembaban di dalam kabin juga untuk mengurangi segala risiko yang bisa terjadi.

Baca juga: Cegah Corona di Udara, Bersihkan Motor Sebelum dan Sesudah Dipakai

Termasuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Menurutnya, selain menjaga kondisi tubuh kondisi mobil yang sering digunakan untuk beraktivitas sehari-hari juga perlu dijaga.

“Tujuannya kan mengurangi kemungkinan apapun yang bisa menurunkan daya tahan, kalau daya tahan kita jebol dan bakteri duluan, ingeksi yang lain menjadi lebih mudah terjadi,” ucapnya.

Detial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.Kompas.com/Setyo Adi Detial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.

Pada kesempatan berbeda, pemilik bengkel spesialis interior mobil, Vertue Concept, di Sunter, Jakarta Utara Edy mengatakan, membersihkan interior mobil juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Bahan yang digunakan untuk membersihkan bagian interior mobil cukup sederhana, yakni bisa dengan menggunakan sabun mandi bayi batangan.

Baca juga: Selama Masa Pandemi Permintaan Honda Beat Bekas Naik

“Kalau menggunakan disinfektan harus dipastikan kandungan dari bahan-bahan yang digunakan aman tidak. Kalau saya menyarankan lebih aman menggunakan sabun bayi yang batangan,” ucapnya.

Edy menambahkan, pemilihan bahan sabun bayi batangan karena sabun jenis tersebut mempunyai Ph yang lebih seimbang dibandingkan yang cair.

“Selain itu harganya murah dan mudah didapatkan, jadi sabun batangan bisa dipotong-potong kecil lalu diblender dan ditambah air,” katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X