Cegah Penyebaran Covid-19, Ini Bagian Mobil yang Wajib Dibersihkan

Kompas.com - 13/07/2020, 12:21 WIB
Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil istIlustrasi Membersihkan Interior Mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan bagian interior mobil pribadi, wajib dilakukan guna mencegah adanya bakteri atau pun virus yang berbahaya seperti Covid-19.

Pasalnya, penyebaran Corona yang semakin masif wajib diwaspadai mengingat keberadaan virus tersebut tidak bisa terdeteksi.

Untuk itu, rutin membersihkan bagian dalam mobil menjadi hal yang tidak boleh diabaikan oleh setiap pemilik kendaraan.

Terlebih, bagian-bagian yang sering disentuh atau dipegang oleh tangan. Presiden Direktur XTO Car Care Christopher Sebastian mengatakan, untuk komponen yang sering dipegang wajib untuk dijaga kebersihannya.

Baca juga: Ini Motor Sport Bekas 4 Tak yang Masih Dicari Konsumen

“Seperti gagang pintu, setir atau kemudi, sabuk pengaman dan juga bagian persneling. Kemudian, juga bagian interior juga harus dibersihkan,” ujarnya Kompas.com belum lama ini.

Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteriSHUTTERSTOCK Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteri

Christopher menambahkan, bagian-bagian yang sering disentuh memiliki potensi adanya kuman maupun virus yang lebih tinggi dibandingkan bagian yang lainnya.

Untuk itu, tingkat kebersihannya harus dijaga dengan melakukan pembersihan secara rutin baik sebelum maupun sesudah digunakan.

“Saat membersihkan bagian interior disarankan menggunakan sarung tangan. Jangan menggunakan sabun seperti untuk mencuci mobil, tetapi gunakan cairan khusus pembersih interior,” ucapnya.

Baca juga: Harga Motor Sport 2 Tak Bekas Tembus Puluhan Juta Rupiah

Untuk bagian interior yang berbahan kulit, Christopher menyarankan, sebaiknya menggunakan cairan khusus. Sehingga, saat melakukan pembersihan atau perawatan tidak merusak bagian tersebut.

“Untuk interior yang terbuat dari kulit disarankan untuk menggunakan cairan yang mengandung pelembab,” ucapnya.

Kondisi interior mobil Jeep Wrangler Rubicon yang menjadi mobil dinas Bupati Karanganyar.ari purnomo Kondisi interior mobil Jeep Wrangler Rubicon yang menjadi mobil dinas Bupati Karanganyar.

Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara Edy mengatakan, untuk membersihkan bagian interior yang berbahan kulit bisa dilakukan dengan menggunakan sabun bayi.

Tetapi, sabun bayi yang digunakan untuk membersihkan adalah sabun bayi batangan karena memiliki PH yang lebih seimbang.

Baca juga: Motor Bebek 2 Tak Bekas yang Harganya Semakin Mahal

Sabun bayi lebih aman saat digunakan, baik untuk perawatan panel, doortrim dan bagian interior kulit lainnya,” ucapnya.

Selain itu, penggunaan sabun bayi ini juga untuk menjaga agar anak-anak aman saat tiba-tiba masuk mobil sementara bagian interior baru saja dibersihkan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X