Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Interior Mobil agar Terhindar dari Covid-19

Kompas.com - 13/07/2020, 08:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi penyebaran Covid-19 tidak hanya di tempat-tempat atau kendaraan umum.

Namun, pencegahan virus corona juga perlu dilakukan pada kendaraan pribadi. Terlebih lagi, sekarang ini penyebaran virus mematikan itu dijelaskan WHO dapat menukar ke manusia lewat udara.

Meskipun kendaraan pribadi seperti mobil lebih aman dibandingkan dengan transportasi umum, bukan berarti pemilik mobil bisa mengabaikan kebersihan kendaraannya.

Maka dari itu, menjaga kebersihan kendaraan pribadi juga wajib dilakukan agar terhindar dari virus corona.

Baca juga: Ini Motor Sport Bekas 4 Tak yang Masih Dicari Konsumen

Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara, Edy, memberikan tips ringan untuk menjaga kebersihan mobil, terutama interior agar tetap aman saat digunakan.

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Bukan dengan menggunakan bahan cair seperti menyemprotkan disinfektan di bagian dalam mobil.

“Memang banyak yang (menjaga kebersihan) dengan menyemprotkan cairan disinfektan untuk interior. Tapi, yang aman itu harus dipastikan kandungan alkohol seberapa dan perlu dilakukan penelitian dulu,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Edy menyarankan, jika menggunakan disinfektan, sebaiknya dipastikan dulu kandungan yang ada di dalamnya benar-benar aman.

“Lebih sarankan disinfektan yang biasa digunakan bayi atau menggunakan brand-brand tertentu yang sudah dipastikan aman,” ucapnya.

Baca juga: Harga Motor Sport 2 Tak Bekas Tembus Puluhan Juta Rupiah

Selain aman untuk orang menyentuhnya, Edy mengatakan, disinfektan juga harus aman untuk bagian interior, mulai dari panel-panel sampai bagian lain yang menggunakan bahan kulit.

“Kalau disinfektan untuk bayi itu aman untuk bayi, jadi kalau ada bayi masuk mobil itu tidak masalah,” ucapnya.

Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteriSHUTTERSTOCK Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteri

Secara terpisah, Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong mengatakan, ada beberapa treatment yang bisa dilakukan untuk membunuh virus atau bakteri dalam mobil, salah satunya adalah dengan ozon.

Kelvin menjelaskan, ozon memiliki efek sterilisasi paling efisien sehingga secara efektif digunakan untuk melawan bakteri dan virus.

Baca juga: Motor Bebek 2 Tak Bekas yang Harganya Semakin Mahal

Selain itu, bisa menghilangkan bau yang tidak sedap di tempat yang tidak diinginkan secara permanen.

“Kalau fogging kan terlihat dan bisa dirasakan setelahnya, tetapi kalau ozon tidak ada asap atau apa pun yang bisa dilihat dengan kasatmata. Tapi, setelah ozon tentu ada perubahan pada kabin mobil,” ujar Kelvin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com