Selama Masa Pandemi Permintaan Honda Beat Bekas Naik

Kompas.com - 13/07/2020, 06:44 WIB
Salah satu showroom motor bekas Nugroho Motor istimewaSalah satu showroom motor bekas Nugroho Motor
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Kondisi pasar sepeda motor bekas ( mokas) terus mengalami peningkatan semenjak pandemi Covid-19.

Meski harga mokas belum bisa sepenuhnya normal seperti sebelum adanya penyebaran virus Corona beberapa waktu lalu, tetapi ada beberapa tipe kendaraan yang harganya mulai naik.

Salah satunya adalah harga motor matik Honda Beat yang naik Rp 500.000. Pemilik diler Mokas Nugroho Motor, Kartasura, Jawa Tengah (Jateng) Nugroho Dwi Prastiko mengatakan, peningkatan harga baru terjadi pada tipe skuter matik (skutik) Honda Beat.

Sebelum terjadi kenaikan, harga Beat injeksi bekas untuk lansiran 2012 berkisar Rp 8,5 jutaan.

Baca juga: Mobil Mesin Bensin Boleh Pakai Oli Khusus Diesel?

Sedangkan yang sudah ESP harganya lebih tinggi, yakni Rp 10,5 juta dan Beat New produksi 2016 harganya mencapai Rp 11 jutaan.

Ilustrasi lelang motor bekasGridOto.com Ilustrasi lelang motor bekas

“Honda Beat injeksi yang antara tahun 2012 sampai 2018 mengalami kenaikan hingga Rp 500.000,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (11/7/2020).

Nugroho menambahkan, kenaikan ini terjadi lantaran banyaknya konsumen yang mencari tipe tersebut. Sehingga, banyak yang terjual sementara stok di diler tidak ada otomatis harga jualnya pun naik.

“Banyak yang mencari jenis ini, sedangkan tidak ada stok yang tersedia. Makanya harganya naik, kalau untuk matik yang lainnya harga masih tetap sama belum ada kenaikan baru Beat ini yang naik,” katanya.

Baca juga: Bebek dengan Karburator Ternyata Lebih Diminati Pembeli Motor Bekas

Selain Honda Beat, Nugroho menambahkan, belum ada kenaikan harga untuk tipe yang lainnya. Banderol masih tetap sama seperti sebelumnya dengan penurunan harga mencapai 10 persen hingga 16 persen.

Motor bekas di Showroom Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjoistimewa Motor bekas di Showroom Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjo

Mengenai kondisi pasar mokas sendiri, Nugroho menyampaikan, saat ini perlahan sudah mulai membaik.

Baca juga: 10 Motor Bekas Harga Rp 7 Jutaan, dari Nex II Hingga Satria FU

Meski kondisinya belum bisa dikatakan normal sebelum adanya pandemi, setidaknya sudah ada beberapa calon konsumen yang datang dan membeli mokas.

“Kalau untuk harga memang masih seperti saat pandemi belum bisa normal, tetapi sudah ada beberapa calon pembeli yang datang ke showroom untuk melihat unit atau membeli,” ucapnya.

Terpisah, pemilik diler mokas Setia Kasih Motor Tri Sekam mengatakan hal yang sama. Kenaikan harga terjadi pada Honda Beat tipe Eco sebesar 5 persen sampai 10 persen dari harga normalnya. 

"Ada kenaikan harga untuk yang tipe eco, kalau sebelumnya harganya Rp 11 jutaan sekarang harga naik jadi Rp 12 juta," ucapnya. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X