Tips Merawat Interior Mobil agar Terhindar dari Covid-19

Kompas.com - 13/07/2020, 08:12 WIB
Bersihkan kabin mobil usai mudik. Stanly/OtomaniaBersihkan kabin mobil usai mudik.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi penyebaran Covid-19 tidak hanya di tempat-tempat atau kendaraan umum.

Namun, pencegahan virus corona juga perlu dilakukan pada kendaraan pribadi. Terlebih lagi, sekarang ini penyebaran virus mematikan itu dijelaskan WHO dapat menukar ke manusia lewat udara.

Meskipun kendaraan pribadi seperti mobil lebih aman dibandingkan dengan transportasi umum, bukan berarti pemilik mobil bisa mengabaikan kebersihan kendaraannya.

Maka dari itu, menjaga kebersihan kendaraan pribadi juga wajib dilakukan agar terhindar dari virus corona.

Baca juga: Ini Motor Sport Bekas 4 Tak yang Masih Dicari Konsumen

Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara, Edy, memberikan tips ringan untuk menjaga kebersihan mobil, terutama interior agar tetap aman saat digunakan.

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Bukan dengan menggunakan bahan cair seperti menyemprotkan disinfektan di bagian dalam mobil.

“Memang banyak yang (menjaga kebersihan) dengan menyemprotkan cairan disinfektan untuk interior. Tapi, yang aman itu harus dipastikan kandungan alkohol seberapa dan perlu dilakukan penelitian dulu,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Edy menyarankan, jika menggunakan disinfektan, sebaiknya dipastikan dulu kandungan yang ada di dalamnya benar-benar aman.

“Lebih sarankan disinfektan yang biasa digunakan bayi atau menggunakan brand-brand tertentu yang sudah dipastikan aman,” ucapnya.

Baca juga: Harga Motor Sport 2 Tak Bekas Tembus Puluhan Juta Rupiah

Selain aman untuk orang menyentuhnya, Edy mengatakan, disinfektan juga harus aman untuk bagian interior, mulai dari panel-panel sampai bagian lain yang menggunakan bahan kulit.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X