Ketahui Beda Teknologi Immobilizer dan Keyless pada Mobil

Kompas.com - 11/07/2020, 08:12 WIB
duplikasi kunci immobilizer KOMPAS.com/Aprida Mega Nandaduplikasi kunci immobilizer
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi di dunia otomotif khususnya roda empat begitu pesat.

Tak hanya sistem komputerisasi, dan kinerja mesin mobil-mobil keluaran terbaru, tetapi juga pada sistem pengamanan dan kemudahan dalam pengoperasian kendaraan roda empat tersebut.

Penerapan teknologi canggih tersebut tidak lain untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pemilik mobil dan mencegah aksi pencurian yang dilakukan oleh para penjahat.

Beberapa teknologi pengamanan yang ada saat ini seperti smart key atau keyless dan juga dengan immobilizer.

Baca juga: Ini Lokasi Stiker Keterangan Tekanan Udara Ban Mobil

Tak sedikit yang masih kurang memahami bahwa dua teknologi pengaman kendaraan tersebut tersebut tidaklah sama.

Mitsubishi Xpander sudah menggunakan sistem keyless entryAFH Mitsubishi Xpander sudah menggunakan sistem keyless entry

Anjar Rosjadi, Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor ( ADM), menjelaskan bahwa antara keyless dengan immobilizer sangatlah berbeda.

Jika keyless pada kendaraan lebih untuk memberikan kemudahan pengoperasin mobil bagi pemiliknya.

Hal ini karena, pemilik mobil tidak perlu membawa anak kunci melainkan cukup membawa smart key untuk mengoperasikan mobil, termasuk untuk membuka dan mengunci pintu mobil.

“Smart entry key lebih kepada kemudahaan akses ke kendaraan, kalau zaman dulu biasanya membuka mobil harus menekan tombol remote. Dengan fitur keyless, maka pintu akan otomatis membuka kunci, jika kita berada di jarak 1 meter atau lebih dari kendaraan,” ujar Anjar kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kunci Mobil Pakai Teknologi Immobilizer Bisa Cegah Pencurian?

Anjar menambahkan, pemilik mobil cukup mengantongi remote kunci dan mobil tetap bisa dibuka dengan sentuhan jari karena ada transmitter atau pemancar dan receiver.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X