Sedikit Terkoreksi, Ekspor Honda Brio Tetap Berjalan

Kompas.com - 10/07/2020, 17:51 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hantaman pandemi Covid-19 tak membuat Honda Prospect Motor (HPM) berhenti meneruskan ekspor mobilnya, terutama ke dua negara di Asia, yakni Vietnam dan Filipina.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, meski sempat melemah namun saat ini kondisi pasar mulai membaik demikian juga pada kinerja ekspor Honda.

"Ekspor di Juni juga mulai membaik, dua negara tujuan Filipina dan Vietnam juga demikian. Kita ekspor Brio CBU setir kiri ke sana," ucap Billy saat sesi tanya jawab secara virtual, Kamis (9/7/2020).

Baca juga: Apa Kabar Mobil Baru Honda di Indonesia?

Billy mengatakan meski ada koreksi, namun trennya masih cukup baik. Sementara untuk penurunan unit ekspor sendiri memang dikarenakan permintaan dari dua negara tersebut, mengingat kondisi yang belum sepunuhnya pulih.

Honda Brio ekspor ke Vietnam dan Filipina Honda Brio ekspor ke Vietnam dan Filipina

Seperti diketahui, Filipina juga belum lama ini baru menyelesaikan lockdown, sementara untuk Vietnam juga baru memulai proses pemulihan termasuk di sektor bisnis otomotifnya.

Mengintip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor Honda Brio baik ke Filipina dan Vietnam pada enam bulan pertama di 2020 dilakukan pada Maret dan April. Jumlahnya berkisar 958 unit.

Baca juga: Honda Bicara Soal Nasib Civic di Tanah Air

"Target awal kami di dua negara itu 6.800 unit, namum memang terkoreksi sedikit dari rencana awal menjadi 6.000-an something," ujar Billy.

Proses produski pabrik Honda di Sayama Proses produski pabrik Honda di Sayama

Lebih lanjut Billy mengatakan untuk aktivitas produksi, Honda sudah memulainya pada Juli ini. Namun demikian masih terbatas lantaran pasar yang belum sepenuhnya pulih dan akan dikembangkan seiring dengan pertumbuhan pasar di bulan-bulan selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.