Tidak Hanya Bus Besar, Bus Medium Juga Bisa Dipasang Toilet

Kompas.com - 10/07/2020, 19:41 WIB
Bus AKAP instagram/laksanabusBus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Fasilitas toilet pada bus antar kota antar provinsi (AKAP) sangat membantu penumpang yang kebelet saat perjalanan. Adanya toilet biasanya tergantung dari kelas bus yang dipilih oleh penumpang.

Biasanya fasilitas toilet ini mulai tersedia pada kelas Patas, selain itu juga model bodi bus yang digunakan yaitu yang besar. Namun ada satu perusahaan otobus (PO) Putra Remaja asal Yogyakarta yang memberi fasilitas toilet untuk bus sedangnya.

Perlu diingat, toilet pada bus hanya digunakan untuk buang air kecil, bukan untuk BAB. Tidak hanya bus besar, toilet juga bisa dipasang pada bus sedang. Namun tentunya ada penyesuaian dari bentuk toilet maupun peletakkannya di kabin.

Baca juga: Pilih Mana Suzuki GSX S150, Yamaha Vixion R, atau Honda CB150R?

Toilet di dalam busmobilkomersial.com Toilet di dalam bus

“Toilet bisa dipasang di kabin bus sedang, bentuknya juga berbeda dari biasanya, lebih kecil. Selain itu penempatannya juga hanya di belakang,” ucap Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana kepada Kompas.com, Jumat (10/7/2020).

Jika pada bus besar peletakkan toilet bisa di tengah, untuk bus sedang hanya ada di belakang. Pemesanan toilet pada bus sedang ini juga bisa termasuk jarang. Kebanyakan bus sedang dibuat tanpa toilet.

Unit bus sedang yang dimiliki PO Putra Remaja ini menggunakan bodi Tourista XL. Perbedaan dengan bus sedang biasa yaitu pada lebar dan panjangnya. Tourista XL memiliki lebar 2,3 meter dan panjang bodi 10 meter.

Baca juga: Electro, Calon Skuter Listrik Merek Lokal Baru dari MAB

Selain adanya toilet pada armada milik PO Putra Remaja, bagian kabin juga berbeda dari biasanya. Konfigurasi kursi menggunakan model 1 di kiri dan dua di kanan (1-2). Kemudian kursinya juga difasilitasi arm rest dan leg rest agar semakin nyaman.

Sasis yang dipilih yaitu Hino FC190 yang mampu menghasilkan tenaga 190 PS pada 2.500 rpm dan torsi maksimum 56 kgm pada 2.000 rpm.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X