Kunci Mobil Pakai Teknologi Immobilizer Bisa Cegah Pencurian?

Kompas.com - 10/07/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi pencurian mobil. SHUTTERSTOCKIlustrasi pencurian mobil.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pencurian yang dilakukan para penjahat belakangan ini semakin nekat. Tidak hanya menyasar barang-barang yang mudah dibawa saja, tetapi kendaraan roda empat tak luput dari aksi pencurian.

Maka dari itu, antisipasi pun perlu dilakukan oleh para pemilik kendaraan roda empat untuk mencegah terjadinya aksi pencurian tersebut.

Beberapa cara yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan beragam kunci pengaman. Mulai kunci stir, alarm hingga menggunakan teknologi pengaman cukup canggih, yakni immobilizer.

Teknologi immobilizer merupakan sistem yang cukup canggih dalam pengamanan kendaraan, karena sudah menggunakan program komputerisasi yang terkoneksi dengan electronic control unit (ECU).

Baca juga: Tips Jika Ingin Beli Mobil Bekas di Balai Lelang

Bahkan sistem pengamanan ini dipercaya menjadi sistem pencegah maling yang paling aman untuk saat ini.

duplikasi kunci immobilizerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda duplikasi kunci immobilizer

Pasalnya, dengan teknologi ini mobil tidak hanya mengandalkan anak kunci saja seperti pada umumnya. Tetapi juga menggunakan chip yang sudah disinkronkan dengan ECU.

Dengan kecanggihan tersebut, meskipun kunci mobil bisa dibobol bukan berarti mesin bisa dihidupkan karena ECU harus mengenali chipnya.

Dengan kata lain, jika ECU tidak mengenai chip maka mobil pun tidak akan bisa dihidupkan, maka aksi kejahatan pencurian mobil bisa dicegah.

Baca juga: Harga Mobil Bekas Taksi, Limo Mulai Rp 60 Jutaan

Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, perangkat immobilizer sangatlah kompleks.

“Hal ini karena terdiri dari rangkaian sistem yang rumit dan enkripsi kode-kode tertentu. Ada transponder chip pada kunci mobil, kemudian transponder pada lubang kunci, sampai yang terhubung ke electronic control unit atau ECU,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Kunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizerKompasOtomotif - AFH Kunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizer

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X