Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Coba Ngopi di Bus Berjalan, Ini Daftar Bus dan Rutenya

Kompas.com - 10/07/2020, 16:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Semenjak akhir bulan Februari, perusahaan otobus (PO) pariwisata sudah berhenti beroperasi. Larangan bepergian waktu itu membuat banyak penyewa bus pariwisata yang membatalkan pesanannya.

Setelah lebih dari empat bulan tidak ada penghasilan, beberapa PO pariwisata berusaha mencari cara agar usahanya tetap berjalan. Salah satunya dengan mengubah kabin bus menjadi kafe atau kedai kopi berjalan.

Mengubah kabin bus menjadi kafe berjalan ini kelihatannya membantu PO pariwisata mendapatkan penghasilan. Hal ini dikarenakan banyak orang juga yang bosan di rumah dan ingin merasakan sensasi baru naik bus sambil ngopi atau nongkrong.

Baca juga: 3 Mobil Bekas Paling Dicari di Situs Online Masa Pandemi

Bus pariwisata disulap jadi kedai kopi berjalanCoffeeOnTheBus Bus pariwisata disulap jadi kedai kopi berjalan

Demi menjaga keamanan dan keselamatan, kru dan penumpang yang naik harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Sebelum naik suhu tubuh penumpang dicek dan diberikan hand sanitizer. Jumlah penumpang juga dibatasi

Berikut ini beberapa PO pariwisata yang mengubah armadanya menjadi kedai kopi, kafe, bahkan restoran berjalan:

1. Transbuck dari Mata Trans

Baca juga: Motor Sport Naked Bekas dengan Harga di Bawah Rp 10 Juta

Layanan Transbuck dari Mata Trans ini tersedia di Solo dan Yogyakarta. Fasilitas yang diberikan berupa kopi dalam kemasan botol plastik dan snack. Menggunakan bus besar dengan kapasitas 28 dengan 7 meja yang diisi 4 orang.

Untuk yang di Solo, rutenya mengelilingi kota dimulai dari garasi Mata Trans Solo di Jl. Adi Sucipto 89 Paulan Colomadu. Jadwal keberangkatannya mulai jam 16.45 WIB dan terakhir jam 21.00 WIB.

Sedangkan yang di Yogyakarta memiliki rute keliling kota yang dimulai dari Garasi Mata Trans Ring Road Ketandan. Jadwal keberangkatannya mulai jam 13.00 WIB dan terakhir pukul 16.00 WIB. Kedua layanan tersebut dihargai Rp 50.000.

Ngopi Sultanmobilkomersial.com Ngopi Sultan

2. Ngopi Sultan PO Juragan 99

Untuk PO juragan memiliki rute ngopi sultan keliling Malang dan Batu. Fasilitas yang diberikan juga berupa kopi dan snack. Penumpang bisa memilih rute keliling Malang atau Malang-Batu yang dimulai dari MS Glow Clinic Malang.

Perbedaan dengan bus lainnya yaitu pada kabin disediakan panggung untuk live music. Kapasitas busnya bisa diisi sampai 30 orang dengan tarif Rp 50.000. Waktu keberangkatannya Hari Senin – Sabtu pukul 16.00 WIB dan 18.30 WIB. Sedangkan Minggu, jam 13.30 WIB dan 18.30 WIB.

Baca juga: Melihat Spek Teknis Corolla Cross, Dimensi Terbesar di Kelasnya

Bus pariwisata disulap jadi kedai kopi berjalanCoffeeOnTheBus Bus pariwisata disulap jadi kedai kopi berjalan

3. Coffee On The Bus PO Rejeki Transport

Coffee On The Bus dari PO Rejeki Transport ini beroperasi di Yogyakarta. Rute yang dimiliki yaitu keliling kota dimulai dari Arta Barber and Chili. Fasilitas yang diberikan berupa kopi nusantara dan snack.

Bus dengan sasis Scania K310 ini bisa diisi oleh 28 orang dengan tarif promo Rp 50.000. Waktu keberangkatannya Senin – Jumat pukul 10.00 WIB, 16.00 WIB atau 21.00 WIB. Sedangkan Sabtu – Minggu pukul 10.00 WIB, 13.00 WIB, 16.00 WIB dan 19.00 WIB.

Baca juga: Cari Mobil Bekas Murah, Konsumen Harus Jujur Soal Keuangan

4. Matas Bus RM Niki Eco

Matas bus di sini merupakan akronim dari makan di atas bus, layanan yang diberikan oleh RM Niki Eko di Purwokerto. Berbeda dengan yang lainnya, Matas bus memberikan sensasi makan di atas bus, bukan hanya ngopi.

Rute keliling Purwokerto yang dimulai dari RM Niki Eco dengan tarif RP 50.000. Penumpang juga bisa memilih berbagai makanan yang ditawarkan. Jadwal keberankatannya mulai jam 11.00 WIB. dan terakhir pukul 19.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com