Beda Asap Hitam dan Putih yang keluar dari Knalpot

Kompas.com - 10/07/2020, 17:31 WIB
Knalpot ngebul Foto: MotorplusKnalpot ngebul
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor 4-tak pada dasarnya tidak mengeluarkan asap sebanyak motor 2-tak. Sehingga kalau ''motor ngebul'' dipastikan ada yang tidak benar di ruang mesin.

"Kalau ngebul warnanya hitam karena bahan bakar. Pembakaran akan lebih boros. Tapi kalau asapnya putih yang terbakar cenderung oli," kata Syamsudin, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Depok, belum lama ini.

Baca juga: Benarkah Kunci Stang Motor ke Kanan Bisa Cegah Pencurian?

Syamsudin menyebut kasus knalpot ngebul berwarna hitam biasanya motor yang pakai karburator. Mekanik salah menyetel sehingga ada bensin yang ikut terbakar, dan keluar dari knalpot dengan asap hitam.

knalpot yamaha ScorpioAri Purnomo knalpot yamaha Scorpio

Karenanya saat ini kata dia kasus knalpot ngebul warna hitam sudah jarang terjadi. Sebab banyak motor sudah injeksi. Adapun mekanik tidak sulit dan sudah biasanya menyetel motor dengan karburator.

Baca juga: Kawasaki ER-6N Tracker Studio Motor

Berbeda dengan motor injeksi yang penyetelannya sudah dibantu sistem komputerisasi. Kalaupun motor injeksi mengeluarkan asap, biasanya asap putih karena ada komponen yang rusak.

"Kalau karbu nyetelnya tidak bagus, asap akan ngebul hitam. Kalau injeksi tidak akan ngebul hitam. Paling tidak ngebul putih. Kalau seperti itu biasanya piston yang rusak, atau oli terbakar," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X