Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2020, 17:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor 4-tak pada dasarnya tidak mengeluarkan asap sebanyak motor 2-tak. Sehingga kalau ''motor ngebul'' dipastikan ada yang tidak benar di ruang mesin.

"Kalau ngebul warnanya hitam karena bahan bakar. Pembakaran akan lebih boros. Tapi kalau asapnya putih yang terbakar cenderung oli," kata Syamsudin, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Depok, belum lama ini.

Baca juga: Benarkah Kunci Stang Motor ke Kanan Bisa Cegah Pencurian?

Syamsudin menyebut kasus knalpot ngebul berwarna hitam biasanya motor yang pakai karburator. Mekanik salah menyetel sehingga ada bensin yang ikut terbakar, dan keluar dari knalpot dengan asap hitam.

knalpot yamaha ScorpioAri Purnomo knalpot yamaha Scorpio

Karenanya saat ini kata dia kasus knalpot ngebul warna hitam sudah jarang terjadi. Sebab banyak motor sudah injeksi. Adapun mekanik tidak sulit dan sudah biasanya menyetel motor dengan karburator.

Baca juga: Kawasaki ER-6N Tracker Studio Motor

Berbeda dengan motor injeksi yang penyetelannya sudah dibantu sistem komputerisasi. Kalaupun motor injeksi mengeluarkan asap, biasanya asap putih karena ada komponen yang rusak.

"Kalau karbu nyetelnya tidak bagus, asap akan ngebul hitam. Kalau injeksi tidak akan ngebul hitam. Paling tidak ngebul putih. Kalau seperti itu biasanya piston yang rusak, atau oli terbakar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com