Terpaksa Menghajar Lubang di Jalan, Begini Caranya

Kompas.com - 10/07/2020, 17:41 WIB
Kondisi Jalan Raya Jakarta-Bogor di Perempatan Gaplek, Tangsel yang penuh lubang. Semua kendaraan melambat untuk menghindari lubang-lubang berdiameter 20-30 cm dengan kedalaman 10-20 cm. Foto diambil Selasa (30/1/2018). Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.comKondisi Jalan Raya Jakarta-Bogor di Perempatan Gaplek, Tangsel yang penuh lubang. Semua kendaraan melambat untuk menghindari lubang-lubang berdiameter 20-30 cm dengan kedalaman 10-20 cm. Foto diambil Selasa (30/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya lubang di jalan raya bisa disebabkan oleh faktor yang beragam, salah satunya adalah banjir. Tidak hanya mengurangi kenyamanan, tetapi hal itu juga bisa menjadi ancaman keselamatan.

Banyak biker yang menghindari tanpa tahu trik aman, akhirnya menyebabkan kecelakaan yang melibatkan pengendara lainnya.

Training Director Safety Defensive Consultant, Sony Susmana, mengatakan ada dua hal yang harus diperhatikan saat pengendara ingin melibas lubang, yaitu bersikap proaktif dan reaktif.

Untuk itu Sony memberi tips bagaimana menghadapi lubang jalanan yang bisa mengancam jiwa pengendara pengendara, terutama pesepeda motor. Berikut rangkumannya:

Baca juga: Jangan Sepelekan Knalpot Motor yang Berkarat

1. Jika sudah hafal jalan dan lokasi lubang, maka itu akan memudahkan pengguna jalan untuk menghindar. Dari kejauhan, persiapkan untuk berpindah jalur menghindari lubang. Tetap konsentrasi

2. Bersikap proaktif dengan memberi jarak pandang yang cukup antara Anda dengan kendaraan depan.

“Hindari posisi terlalu mepet dengan mobil sehingga kondisi jalan lebih terlihat jelas, dan pengendara punya kesempatan lebih banyak untuk menghindar,” ujar Sony kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (10/07/2020).

Seorang pengendara motor sedang melintas di antara pot tanaman milik warga yang diletakkan dijalan yang rusak Jumat (19/1/2017) Koleksi Pribadi Romdan Rizal Seorang pengendara motor sedang melintas di antara pot tanaman milik warga yang diletakkan dijalan yang rusak Jumat (19/1/2017)

3. Ketika mendadak melihat lubang, segera bersikap reaktif dengan cara perlambat kendaraan dengan menutup putaran gas dan kedua rem.

Bila memungkinkan, tengok kaca spion untuk memastikan tidak ada kendaraan yang melintas di area yang akan digunakan untuk menghindar.

Baca juga: Pandemi, Mitsubishi Xpander AP4 Siap Lakukan Uji Coba Perdana

4. Bila jarak pengereman terlalu pendek dan pengemudi harus melewati lubang tersebut, maka tetap perlambat kendaraan dan angkat pinggul Anda.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X