Awas Selip, Perhatikan Kembangan Ban saat Melintas di Jalan Basah

Kompas.com - 08/07/2020, 12:42 WIB
Ilustrasi berkendara musim hujan adiraclubmember.comIlustrasi berkendara musim hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban yang digunakan pada kendaraan umumnya memiliki telapak atau yang lebih dikenal dengan kembang ban.

Komponen ini memiliki fungsi yang cukup penting terutama saat melewati jalan basah ataupun banjir.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengatakan, kembangan pada ban berfungsi untuk membelah air. Jika sudah botak, ban tidak akan berfungsi secara maksimal.

Baca juga: Pebalap Superbike Puji Fitur di Kawasaki ZX-25R                         

“Kalau air tidak tersalurkan, bisa menyebabkan ban selip saat melewati genangan. Oleh karena itu, ban yang baik untuk mengusir air adalah yang memiliki alur sampai bagian bibir ban,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/7/2020).

twi pada ban motorKompas.com/Fathan twi pada ban motor

Untuk melihat kondisi kembangan ban masih dalam atau tidak, bisa dilakukan pengecekan pada Tread Wear Indicator (TWI) yang terletak pada bagian tengah tapak ban. Posisi TWI ditunjukkan oleh segitiga kecil yang berada pada dinding ban.

Baca juga: 3 Motor Sport Touring Berjantung 6-Silinder                      

“Kalau ban sudah terkikis sampai mengenai TWI-nya, sebaiknya dilakukan penggantian. Jika tidak, faktor keamanan dan kenyamanan ban akan berkurang dikarenakan kembangan sudah terkikis,” kata Zulpata.      

Ia menyarankan untuk pemilik kendaraan sebaiknya jangan menunda untuk mengganti ban yang botak, terutama saat musim hujan.      

“Sebab, ban merupakan komponen yang sangat penting dan berpengaruh pada keselamatan si pengendara,” ucap Zulpata.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X