10 Balapan MotoGP Paling Kontroversial, Kutukan Rossi sampai Aksi Senggol Marquez

Kompas.com - 07/07/2020, 13:46 WIB
Insiden sengit Rossi dan Marquez di seri MotoGP Sepang, Malaysia, Minggu (25/10/2015) dok.MotoGPInsiden sengit Rossi dan Marquez di seri MotoGP Sepang, Malaysia, Minggu (25/10/2015)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontroversi di dalam balapan menjadi hal yang tak terhindarkan. Tak terkecuali pada ajang balap tingkat dunia, seperti MotoGP. Sejak era MotoGP dimulai pada 2002, ada beberapa balapan yang sangat kontroversial menurut Motorsport.com

1. GP Qatar 2004

GP Qatar 2004motorsport.com GP Qatar 2004

Sebelum dimulainya GP Qatar pada 2004, terjadi drama di mana Valentino Rossi dan Max Biaggi diganjar pinalti start dari urutan terbelakang. Sebab, timnya kedapatan membersihkan grid sebelum balapan dimulai.

Pinalti tersebut merupakan kemunduran besar bagi Rossi yang pada akhirnya crash dan membuat Sete Gibernau meraih kemenangan.

Rossi langsung mengucapkan bahwa Gibernau tidak akan pernah menang lagi dan hal tersebut terbukti hingga Gibernau keluar dari MotoGP, hingga dikenal sebagai kutukan Rossi kepada Gibernau.

2. GP Jerez 2005

GP Jerez 2005motorsport.com GP Jerez 2005

Banyak yang menyebutkan balapan ini sebagai yang paling kontroversial antara Rossi dengan Gibernau. Saat itu, Gibernau memimpin balapan pada lap terakhir. Namun, saat di tikungan terakhir, Rossi berhasil merebut posisi tersebut.

Sayangnya, keduanya harus bersenggolan saat di tikungan dan menyebabkan Gibernau melebar. Rossi akhirnya menang, sedangkan Gibernau ada di posisi kedua.

3. GP Portugal 2006

GP Portugal 2006motorsport.com GP Portugal 2006

Pada MotoGP 2006 di Estoril, Portugal, Nicky Hayden ditabrak oleh Dani Pedrosa pada lap ke-5 dari 28.

Halaman:


Sumber Motorsport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X