Bikers Wajib Tahu, Begini Cara Ngerem yang Aman Saat Hujan

Kompas.com - 03/07/2020, 19:01 WIB
Pengendara sepeda motor melintasi banjir di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (2/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Minggu (2/2) pagi menyebabkan beberapa ruas jalan di ibu kota tergenang banjir dengan ketinggian 10-50 centimeter. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APengendara sepeda motor melintasi banjir di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (2/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Minggu (2/2) pagi menyebabkan beberapa ruas jalan di ibu kota tergenang banjir dengan ketinggian 10-50 centimeter.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki bulan Juli, kondisi cuaca di Jakarta dan sekitarnya masih sering dilanda hujan deras. Para pengendara, terutama pengguna sepeda motor harus lebih waspada saat berada di jalan yang licin.

Termasuk saat melakukan pengereman, pengendara wajib melakukan teknik dan cara yang benar agar aman serta tidak mencelakakan diri sendiri maupun orang lain.

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, hindari mengerem mendadak saat kondisi jalan licin.

Baca juga: Bukan Asal Cat, Ini Alasan Bus Sekolah Berwarna Kuning

Mengerem sepeda motor ada teorinya.mpm-motor.co.id Mengerem sepeda motor ada teorinya.

“Ada kecenderungan saat mengerem secara mendadak dapat membuat pengendara di belakang kaget,” ucap Jusri, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Selain itu mengerem terlalu dalam dan tiba-tiba dapat membuat motor tergelincir, terutama buat motor yang tidak dilengkapi rem ABS,” katanya.

Jusri menambahkan, salah satu kunci mengerem pada kondisi jalan licin adalah dengan menggunakan rem depan dan belakang secara seimbang.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas MPV Captain Seat Harga di Bawah Rp 100 Juta

Ilustrasi kecelakaan motorgas2.org Ilustrasi kecelakaan motor

“Kalau bisa pengereman jangan bertumpu pada satu sisi saja. Pakai rem depan dan belakang bersamaan, tekan secara perlahan,” ujar Jusri.

Menurutnya, pengendara yang hanya menggunakan rem depan dapat membuat motor melintir. Sementara jika hanya menggunakan rem belakang, motor bisa sliding.

“Kondisi hujan membuat jalan aspal maupun cor-coran beton menjadi licin, pengendara wajib menguasai teknik pengereman motor yang aman,” kata Jusri.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X