Model Lampu Kabin Bus, Mulai Ambience Light Sampai Bola Disko

Kompas.com - 02/07/2020, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti kendaraan pada umumnya, bus memiliki lampu yang bisa menerangi kabin. Tentunya fungsi lampu ini sangat krusial, bisa menerangi kabin saat malam hari agar mudah mencari barang.

Biasanya pada kabin bus memiliki dua model lampu, lampu berwarna putih yang terang dan lampu kecil yang ada di bagian atas kepala penumpang. Biasanya lampu kabin yang berwarna putih akan dimatikan saat bus mulai berjalan.

Mematikan lampu kabin saat bus berjalan dapat membantu pengemudi agar bisa fokus ketika mengemudi di malam hari. Selain itu, mematikan lampu kabin juga bisa menambah kenyamanan penumpang yang ingin tidur.

Baca juga: Indonesia Kedatangan Platform Jual Beli Mobil Bekas Asal Singapura

Kabin busAndriawan Pratikto Kabin bus

“Dari karoseri biasa dikasih lampu di plafon dan di louver AC. Ketika bus jalan, lampu yang dinyalakan hanya yang di louver AC. Warnanya juga biru, agar enak kalau tidur,” kata Dimas, Sales Staff Karoseri Tentrem kepada Kompas.com, Kamis (2/7/2020).

Namun beberapa karoseri juga ada yang membuat beragam model pada lampu kabinnya. Misalnya karoseri Laksana dari Ungaran yang memasang ambience light pada bodi busnya.

“Sekarang di body Legacy Sky dan Tourista ada ambience light yang memiliki empat macam warna, pengaturan warnanya bisa diatur oleh pengemudi,” ucap Weey Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana kepada Kompas.com.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas yang Bakal Dicari Saat New Normal

Adanya lampu di kabin juga bisa disesuaikan jika ingin menambah model lain. Misalnya mengganti dengan lampu LED RGB yang memiliki beberapa pola. Kemudian ada juga yang menambahkan seperti lampu disko, biasanya ada di bus pariwisata.

“Semuanya tergantung permintaan dari perusahaan otobus (PO), karoseri bisa menyediakan lampu seperti LED yang warna-warni sampai bola-bola disko,” ucap Raditya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.