PSBB Transisi Diperpanjang, Daihatsu Siapkan Produksi dengan 2 Shift

Kompas.com - 02/07/2020, 17:21 WIB
Pabrik Daihatsu di Karawang Zulkifli BJPabrik Daihatsu di Karawang
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tengah mempersiapkan penambahan jam kerja (shift) untuk proses produksi kendaraan bermotor, dalam upaya antisipasi lonjakkan permintaan di pasar domestik dan ekspor jelang masa adaptasi kebiasaan baru 2.

Sebelumnya, guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19 sebagaimana diimbau oleh pemerintah, pabrik Daihatsu hanya beroperasi dalam satu shift saja.

"Persiapan produksi dengan dua shift di Juli 2020 diharapkan menjadi awal kenaikan produksi selanjutnya di sisa tahun ini. Semoga saja ekonomi Indonesia dapat segera pulih dan pasar mobil bergairah kembali," kata Amelia Tjandra, Marketing and Corporate Planning & Communication Director ADM, dalam keterangan resmi, Kamis (2/6/2020).

Baca juga: Fase 2 New Normal, Ingat Aturan Berkendara Secara Zonasi

 

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

Maka, lanjut Amel, mulai periode tersebut produksi Daihatsu tidak hanya ditunjukkan untuk memenuhi pasar ekspor saja seperti sebelumnya. Tapi juga demi memenuhi pasar dalam negeri atau domestik.

"Hanya saja volume produksi di ADM pada Juli 2020 masih akan dalam jumlah terbatas karena seluruh aktivitas dan proses produksi harus memenuhi protokol Covid-19 dan peraturan PSBB," ujarnya.

Adapun beberapa protokol pencegahan ini, seperti pengecekan suhu tubuh saat masuk area kerja, menjaga jarak antar karyawan, pemberian dan penggunaan masker, membatasi jumlah karyawan di setiap area, serta lain sebagainya.

Bila strategi dua shift bisa berjalan baik, perseroan berencana untuk mengimplementasikan operasional pabrik secara optimal mulai Agustus 2020 mendatang.

Baca juga: Hand Sanitizer Saja Bisa Jadi Beban Baru Industri Otomotif

Daihatsu Sigra lakukan test drive di Bandung, Jawa BaratAstra Daihatsu Motor (ADM) Daihatsu Sigra lakukan test drive di Bandung, Jawa Barat

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengumumkan untuk memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi selama 14 hari, terhitung mulai 3 - 16 Juli 2020.

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 11 2020, maka fase ini sudah memasuki tahapan kedua dari tiga fase menuju kenormalan baru alias new normal.

Oleh karenanya, sudah ada beberapa kelonggaran aktivitas tak terkecuali yang berkaitan dengan industri dan bisnis, serta transportasi pengangkut orang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X