Cara Mudah Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mobil

Kompas.com - 02/07/2020, 10:12 WIB
Kondisi kepala silinder rusak fsae.comKondisi kepala silinder rusak
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan usia pemakaian kendaraan, ruang bakar juga tidak luput dari tumpukan kerak karbon. Jika sudah parah, kondisi ini pun juga bisa menyebabkan performa mobil akan menurun.

Bukan hanya itu, gejala knocking atau mesin ngelitik pun akan dirasakan saat mobil berakselerasi.

Jika belum parah, menghilangkan kerak karbon yang ada di ruang bakar bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu membongkar mesin.

Baca juga: Kaca Film Mobil Bisa Kedaluwarsa, Mitos atau Fakta?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, menghilangkan kerak karbon bisa dilakukan sembari mengendarai kendaraan. Caranya adalah dengan menggeber mobil pada jarak dan kecepatan tertentu.

Ilustrasi Shutterstock Ilustrasi

“Sekali-kali mobil digeber dalam kecepatan dan jarak tertentu, yang penting jangan sampai melebihi batas redline pada panel RPM atau tachometer,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Didi mengatakan, tidak ada aturan berapa kecepatan dan pada gigi berapa mobil bisa digeber untuk menghilangkan kerak.

Menurut dia, terpenting adalah saat menggeber kendaraan jangan sampai melebihi batas RPM yang ada.

“Kalau belum parah kerak pada ruang bakar bisa dirontokkan dengan menggebernya, tapi kalau sudah parah atau banyak bisa menggunakan cara lain,” tuturnya.

Baca juga: Kenali Tanda Kerusakan pada Kaca Film Mobil

Sedangkan jika kondisi kerak karbon pada jantung pacu yang sudah parah diperlukan perlakuan yang lebih intens untuk membersihkannya. Misal, dengan menggunakan bahan chemical untuk membersihkan ruang bakar.

Ilustrasi mesin mobil overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin mobil overheat

“Kalau kerak karbon di ruang mesin sudah parah, bisa menggunakan pembersih ruang mesin,” ujarnya.

Baca juga: Begini Cara Mudah Merawat Kaca Film Mobil

Pada kesempatan berbeda, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, untuk membersihkan ruang bakar dari kerak karbon bisa dengan menggunakan carbon cleaner.

Gurah ruang bakar mas, caranya dengan memasukkan cairan carbon cleaner kemudian dibuang. Tetapi kalau sudah parah yang sampai perlu membuka head cylinder,” ucapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X