Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mudah Merawat Kaca Film Mobil

Kompas.com - 30/06/2020, 12:41 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga keawetan komponen mobil salah satunya adalah dengan melakukan perawatan secara rutin.

Dengan melakukan pemeriksaan secara berkala, otomatis kondisi komponen kendaraan roda empat juga akan lebih terjaga kondisinya.

Perawatan rutin ini tidak hanya bagian mesin atau pun kaki-kaki saja, tetapi juga bisa menyeluruh seperti kaca film mobil.

Melakukan perawatan kaca film juga bisa memperpanjang usia pemakaian pelapis kaca tersebut. Tidak perlu ribet, perawatan kaca film bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Mobil Bekas Rakitan Eropa Tak Cocok untuk Pemula, Ini Alasannya

Presiden Direktur Makko Group Christopher Sebastian mengatakan, bahwa untuk melakukan perawatan kaca film cukup dengan membersihkannya secara rutin.

ilustrasi bersihkan kaca mobilKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi bersihkan kaca mobil

Langkah ini pun tidak membutuhkan cairan khusus. Sebaliknya, cairan khusus justru bisa berpotensi merusak kaca film karena kandungan zat yang ada di dalamnya.

“Membersihkan kaca film tidak perlu pakai cairan khusus yang mengandung amonia atau alkohol. Menggunakan cairan tersebut malah bisa mengurangi kualitas dan umur dari kaca film,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Christopher membersihkan kaca film mobil yang kotor cukup dengan menggunakan air biasa saja.

“Kalau ada noda, bisa dibasahkan dengan air lalu dilap tidak perlu pakai cairan khusus,” katanya.

Baca juga: Aturan Larangan Merokok Saat Berkendara, Kena Denda Rp 750.000

Selain itu, Christopher menambahkan, yang perlu diingat saat membersihkan kaca mobil adalah penggunaan lap yang harus sesuai.

Saat membersihkan kaca film sebaiknya menggunakan lap tersendiri dan tidak sama dengan yang digunakan untuk membersihkan bagian bodi mobil.

Ilustrasi proses pemasangan kaca film di Toko Maju Jaya, di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Ilustrasi proses pemasangan kaca film di Toko Maju Jaya, di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan

“Merawat kaca film mudah dilakukan, untuk membersihkan bisa menggunakan kain microfiber. Tapi jangan menggunakan kain yang sama yang digunakan untuk bodi karena bisa menyebabkan baret,” ucapnya.

Selain perawatan yang sederhana tersebut, menjaga keawetan kaca film juga bisa dilakukan dengan menempatkan mobil di tempat yang teduh.

Baca juga: Bukan Asap Rokok, Ini yang Sebabkan AC Mobil Rusak

Salah satunya dengan tidak memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, hal ini bisa menyebabkan kerusakan.

“Memarkir kendaraan di bawah terik matahari bisa menyebabkan kaca film justru lebih cepat rusak, lem kaca film akan berkurang kekuatannya sehingga bergelembung,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com