Kenali Tanda Kerusakan pada Kaca Film Mobil

Kompas.com - 30/06/2020, 13:21 WIB
Ilustrasi proses pemasangan kaca film di Toko Maju Jaya, di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan Kompas.com/DioIlustrasi proses pemasangan kaca film di Toko Maju Jaya, di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film mobil juga mempunyai batas usia pemakaian, tertentu rata-rata tiga sampai empat tahun.

Lama tidaknya umur kaca film ini juga dipengaruhi dalam perawatan kendaraan yang dilakukan oleh sang pemilik.

Saat kaca film mulai rusak, biasanya ada tanda-tanda yang bisa dideteksi oleh sang pemilik mobil. Sehingga, saat gejala kerusakan sudah muncul bisa segera dilakukan penggantian agar tidak mengganggu visibilitas pengemudi.

Presiden Direktur Makko Group Christopher Sebastian menjelaskan, ada beberapa indikasi yang bisa dilihat secara fisik dan menjadi penanda bahwa kaca film sudah mulai rusak.

Baca juga: Mobil Bekas Rakitan Eropa Tak Cocok untuk Pemula, Ini Alasannya

“MIsalkan kaca film mulai terlihat kusam, warna yang tidak senada lagi, ada bagian yang terkelupas atau munculnya gelembung udara,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, Christopher menambahkan, kaca film yang sudah mulai rusak juga akan terlihat dari warnanya.

Hasil pandangan dari kabin pada mobil menggunakan kaca film Infinity Black Optic.ist Hasil pandangan dari kabin pada mobil menggunakan kaca film Infinity Black Optic.

Biasanya warna kaca film yang rusak akan berubah menjadi kebiru-biruan atau juga ungu, selain itu juga kondisinya sudah mengganggu visibilitas pengemudi,

Jika kondisi kaca film sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, Christopher menyarankan agar segera dilakukan penggantian kaca film yang baru.

Hal ini karena jika dibiarkan, kerusakan kaca film juga bisa berbahaya karena pandangan pengemudi menjadi terganggu.

“Pada dasarnya usia normal pemakaian kaca film bisa dikatakan cukup lama yakni antara empat sampai lima tahun. Dengan catatan, perlakukan pemilik mobil terhadap kaca film juga harus benar untuk tetap menjaga keawetannya,” katanya.

Baca juga: Aturan Larangan Merokok Saat Berkendara, Kena Denda Rp 750.000

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X