Pembangunan Pabrik Hyundai di Indonesia Ngebut di Tengah Pandemi

Kompas.com - 01/07/2020, 18:40 WIB
Hyundai Kona 2.000 cc Hyundai Kona 2.000 cc
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mengungkapkan bahwa pembangunan proyek pabrik di Cikarang, Jawa Barat sudah mencapai 22 persen.

Kondisi ini lebih cepat dari target yang di tentukan, dimana sampai waktu ini seharusnya baru 20 persen, sebagaimana dikatakan Presiden Hyundai Asia Pacific Lee Young Tack.

"Kami berterima kasih atas bantuan pemerintah Indonesia, khususnya Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM) yang mendorong turut mendorong untuk tetap beroperasi selama masa Covid-19," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (30/6/2020).

Baca juga: Penjualan Mobil Bisa Pulih Cepat, Industri Otomotif Harus Bertahap

Pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia terus berjalan di tengah pandemi coronaIstimewa Pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia terus berjalan di tengah pandemi corona

Tahap selanjutnya, Hyundai akan mengimpor mesin-mesin produksi serta mendatangkan tenaga ahli dari Korea Selatan guna mendukung pembangunan pabrik.

"Sementara untuk permasalahan investasi, saya selalu berusaha turun langsung dan segera menyelesaikannya," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Ia juga mengatakan Presiden Joko Widodo turut menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Hyundai yang telah berhasil merealisasikan investasi di tengah Covid-19.

"Kami akan terus melakukan koordinasi intensif dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul dan Kementerian atau Lembaga terkait di Indonesia," kata Lee lagi.

Baca juga: Tata Cara Bikin SIM Selama Pandemi Covid-19

Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatanenglish.visitkorea.or.kr Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan

Untuk diketahui, HMMI yang merupakan bagian dari Hyundai Motor Company telah mengungkapkan komitmennya di Tanah Air dengan membawa investasi sebesar 1,55 miliar dolar Amerika Serikat atau Rp 22 triliun sampai 2030.

Pembangunan pabrik rencananya akan dikebut hingga pada akhirnya Hyundai bisa mulai melakukan produksi secara komersial pada akhir 2021, dengan kapasitas produksi 150.000 unit per tahun atau maksimal 250.000 unit per tahun.

Pembangunan pabrik ini juga akan berkontribusi pada pengembangan ekspor Indonesia, yang akan menjadi pemasok produk-produk Hyundai ke pasar utama di kawasan ASEAN.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X