Formula 1 Mulai Balapan Perdana Pekan Ini

Kompas.com - 30/06/2020, 14:02 WIB
Formula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP) ANDREJ ISAKOVICFormula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Laga perdana Formula 1 ( F1) musim 2020 bakal dimulai pekan ini (3-5 Juli) usai mengalami penundaan hampir empat bulan imbas pandemi virus corona alias Covid-19.

Diselenggarakan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Grand Prix tahun ini akan terasa berbeda mengingat ketatnya prosedur kesehatan yang wajib diterapkan guna mencegah penyebaran virus.

"Dalam beberapa minggu terakhir kami telah bekerja tak kenal lelah dengan partner kami, FIA dan tim terkait untuk mempersiapkan pembukaan jadwal 2020 agar dapat mengawali balapan dengan seaman mungkin," kata Direktur Eksekutif Formula 1 Chase Carey dalam keterangan resminya, Minggu (28/6/2020).

Baca juga: Jangan Ngebut Saat Gerimis, Jalanan Lebih Licin

Lewis Hamilton/Formula 1 musim 2019Foto: supersport.com Lewis Hamilton/Formula 1 musim 2019

Adapun beberapa ketetapan prosedur kesehatan tersebut adalah pelaksanaan tes secara reguler kepada seluruh orang yang ikut dalam balapan dan tidak adanya penonton langsung di sirkuit. Hanya beberapa personel saja yang dapat akses ke sirkuit.

Kemudian, sosial distancing juga bakal kerap dilakukan sehingga mengubah sedikit seremoni pembukaan dan penutupan balapan.

Wajah F1 tahun ini pun akan berbeda di saat dunia beberapa pekan terakhir mengumandangkan kampanye melawan rasisme, imbas kematian George Floyd di Minneapolis, Amerika Serikat.

Baca juga: Ikut Balapan Motocross, Dovizioso Cedera Tulang Selangka

Formula 1Foto: Daily Express Formula 1

Maka, pada kesempatan sama penyelenggara akan mengenalkan inisiatif bertajuk #WeRaceAsOne sebagai komitmen memerangi rasisme, inekualitas, serta mendukung upaya dan garda terdepan dalam penenganan virus corona.

"Kami senang bisa merencanakan delapan balapan awal pada hari ini dan berharap dapat menampilkan jadwal penuh kami pada pekan mendatang," ujar Carey.

Berikut Jadwal Awal Balapan F1 2020:

1. GP Austria (Sirkuit Red Bull Ring, Austria) 5 Juli
2. GP Austria (Sirkuit Red Bull Ring, Austria) 12 Juli
3. GP Hungaria (Sirkuit Hungaroring, Hungaria) 19 Juli
4. GP Inggris (Sirkuit Silverstone, Inggris) 2 Agustus
5. GP Perayaan 70 Tahun (Sirkuit Silverstone, Inggris) 9 Agustus
6. GP Spanyol (Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol) 16 Agustus
7. GP Belgia (Sirkuit Spa Francorchamps, Belgia) 30 Agustus
8. GP Italia (Sirkuit Monza, Italia) 6 September

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Formula 1
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X