Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crossover Listrik Nissan Ariya Siap Meluncur

Kompas.com - 30/06/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comNissan Ariya merupakan crossover listrik yang telah melakukan debutn pada Tokyo Motor Show 2019, Oktober lalu. Selang beberapa bulan, Nissan telah siap meluncurkan mobil ini dalam waktu dekat.

Dilansir dari Response, dalam rapat umum pemegang saham tahunan ke-121, Nissan mengumumkan bahwa crossover listrik bernama Ariya akan meluncur pada 15 Juli 2020.

Rencananya mobil ini akan jadi produk global yang akan meluncur tidak hanya di Jepang, tapi juga di Eropa, Amerika Serikat dan China.

Baca juga: Generasi Baru Honda PCX 150 Meluncur 2021?

Tampak interior dan dasbor Nissan Ariya versi konsepresponse.jp Tampak interior dan dasbor Nissan Ariya versi konsep

“Teknologi yang terpasang di Ariya merupakan perpaduan teknologi mengemudi canggih yang akan mengarah pada elektrifikasi dan teknologi otonom di masa depan,” ucap Makoto Uchida, CEO Nissan Motor, seperti dikutip dari Response.

“Pro Pilot 2.0 dan e-POWER terbaru milik Ariya akan diluncurkan secara global, dimulai dari Jepang, dan akan memainkan peran penting sebagai wajah Nissan di era baru,” kata Uchida.

Nissan memang belum merilis data teknisnya, namun secara tampilan mobil ini akan mengusung bahasa desain V-Motion Shape khas pabrikan mobil asal Yokohama.

Baca juga: Industri Otomotif Terancam Syok Suplai

Tampak bangku baris kedua Nissan Ariya versi konsepresponse.jp Tampak bangku baris kedua Nissan Ariya versi konsep

Kemudian soal dapur pacu, mobil ini mengusung dua motor listrik yang dipasangkan di depan dan belakang.

Meski belum diketahui kapasitasnya, banyak prediksi tenaga Ariya mencapai 302 dk dan torsi 680 Nm, yang akan disalurkan lewat sistem all wheel drive (AWD) bernama Nissan e-4orce.

Beberapa sumber juga menyebutkan Ariya baka mengadopsi teknologi kepunyaan mobil sport GT-R yang mampu membagi torsi sesuai porsi dan kebutuhan masing-masing roda.

 Baca juga: Ini Daftar Lengkap Tarif Bus Damri Bandara Soekarno-Hatta

Tampak bagian belakang Nissan Ariya versi konsepresponse.jp Tampak bagian belakang Nissan Ariya versi konsep

Untuk meningkatkan center of gravity, baterai mobil akan ditempatkan secara efisien di bagian paling bawah. Baterai ini disebut punya daya tempuh hingga 48 km dan sanggup mengisi daya dari 0 sampai 80 persen dalam 45 menit.

Dengan segala keunggulannya, banyak yang mengira Ariya akan diposisikan lebih tinggi ketimbang Leaf. Tak heran jika mobil ini telah dilengkapi dengan sistem Pro Pilot terbaru, serta sistem navigasi yang telah terkoneksi dengan smartphone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com